Lihat ke Halaman Asli

Kemanakah Segenggam Kemanusiaan Saat Ini?

Diperbarui: 18 Juni 2015   02:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

RASA KEMANUSIAAN?KEMANA?
Dalam ombang ambing era global, rasa kemanusiaan pada Indonesia sudah mulai luntur. Kita sekarang mulai terbiasa melihat pemandangan manusia – yang memiliki kehidupan bernamakan “MISKIN HATI”.

Kita sekarang (mungkin) mulai terbiasa dengan sikap egois, sikap dingin, sikap iri, dan sikap mulai enggan memberikan suatu hal kemanusiaan kepada sesama. Hanya diam dan pura tak tahu akan kesedihan dan ketidakadilan, sedang mereka menunggu senyuman manis dan tulus merona dalam wajah mereka.

Indonesia sudah menjadi negara yang besar sejak 69 tahun yang lalu. Indonesia sudah dikenal oleh dunia sejak berabad – abad yang lalu. Itukah yang perlu kita banggakan untuk menjadi sebuah Indonesia?Cukupkah kita hanya membanggakan semua sumber daya yang kita punya? TIDAK!


KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB
Kita perlu kemanusiaan untuk menjadi bangsa yang besar dan kokoh. Dengan sikap kemanusiaan, negara yang adil serta makmur akan terjamin selamanya. Dengan kemanusiaan, kita bisa hidup berdampingan, saling toleran, saling bantu,dan saling memahami. Kemanusiaan bahkan sering kita ucap setiap kali dalam upacara. Undang Undang Dasar 1945 juga sudah menegaskan bahwa setiap orang berhak menerima kemanusiaan,

Setiap orang berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi
-Pasal 28B Ayat (2) UUD 1945-


Sudah sejak lama Indonesia berdiri atas dasar Kemanusiaan, andai tidak, sampai sekarang pun Indonesia tidak akan berdiri bebas. Tapi, sejak Indonesia sedang memasuki Era Global, kemanusiaan pun mulai luntur dalam diri Indonesia. Inilah yang perlu kita dirikan kembali.


KENAPA KEMANUSIAAN?
Bisakah anda lahir tanpa rasa kemanusiaan? Bahkan, sekejam – kejamnya orang bahkan terlahir dari rasa Kemanusiaan. Kemanusiaan sangat penting di dalam suatu kehidupan sosial. Kita hanya perlu membangun kemanusiaan dalam diri.

Kita adalah Manusia, bukan Hewan. Sebuah hati dan pikiran sudah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Pemurah. Kita diciptakan untuk bersatu, bersama, saling menggenggam satu sama lain. Kemanusiaan adalah rasa yang tidak bisa kita sia siakan.Kita, kita semua disini perlu memberi dan membutuhkan Kemanusiaan.

Kita tidak bisa hidup tanpa rasa kemanusiaan
Indonesia perlu bangun dari keterpurukan sosial. Kita perlu bina kembali rasa toleran. Kita perlu pererat rasa persatuan, bangun lagi rasa santun serta sopan dalam diri kita. Semua hal itu hanya mengarah pada satu hal, yaitu Kemanusiaan.
Kita perlu hidup untuk mengerti, dan memberi. Bayangkan jika semua manusia hidup untuk mengerti serta memberi, betapa makmurnya dan kayanya Indonesia kita ini.

Hiduplah untuk memberi sebanyak-banyaknya...

(/izzulislam)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline