Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh
Semoga para pembaca selalu keadaan sehat, bahagia, dan diberkahi Tuhan Yang Maha Esa.
ADuin adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Advertising, Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, acara ini merupakan kompetisi periklanan tingkat nasional. Memasuki tahun yang ke-5 ADuin Festival tahun ini mengusung tema "RE-KREASI", tema ini diambil dari bahwasanya kurangnya produksivitas anak muda karena kurangnya referensi, kurangnya untuk merespon lingkungan sekitar dan terjebak dalam zona nyaman. "RE-KREASI" memiliki makna ganda yaitu re-kreasi yang dapat diartikan "kembali berkreasi" dan makna rekreasi itu sendiri yang berarti "bermain/eksplorasi/piknik".
Berangkat dari permasalahan tersebut, ADuin Festival 2018 mengajak masyarakat, khususnya kaum muda untuk mulai mengeksplor lingkungan sekitar sehingga mampu menjadi stimulus untuk menghasilkan inovasi baru yang berguna bagi lingkungan sekitar.
Dalam menyelenggarakan acara ADuin Festival 2018 ini, mahasiswa Advertising UIN Sunan Kalijaga menggagas sebuah ide yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu mengadakan Roadshow ke beberapa kota, diantaranya adalah Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, dan Malang. Tujuan dari diadakannya Roadshow tersebut selain untuk promosi adalah untuk Muhasabah Diri.. hehee. Dari Roadshow tersebut mereka mendapat keuntungan dari semakin terkenalnya acara mereka ke beberapa kota besar, mendapatkan atensi dari kalangan mahasiswa kampus lainnya, dan tentu mendapat peserta festival yang tidak sedikit. Namun, disisi lain mereka juga mendapatkan pelajaran juga dari Roadshow mereka itu sendiri, mereka bisa melihat mahasiswa lain dari berbagai Universitas ternama lainnya, saling sharing pengetahuan, tukar ilmu dengan sesama mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi yang mengambil konsentrasi Advertising, agar nanti kedepannya dari sharing dan tukar ilmu tersebut diharapkan bisa menjadikan mahasiswa Advertising Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada umumnya bisa menjadi lebih baik lagi, dan pada khususnya untuk acara ADuin Festival yang selanjutnya bisa menjadi lebih baik lagi, lebih berkarya, berinovasi, dan menjadi acara kompetisi periklanan terbaik di tingkat nasional.
Menurut data yang saya peroleh dari hasil wawancara panitia ADuin Festival 2018, dari ke-5 (lima) kota yang dikunjungi melalui Roadshow, bisa dikatakan kota dengan tingkat atensi tertinggi dimiliki oleh Surabaya. Universitas yang dikunjungi diketika Roadshow di Surabaya diantaranya adalah UPN Veteran Surabaya dan Universitas Kristen Petra. Kedua universitas tersebut memberikan respon yang sangat memuaskan, banyak terjadi interaksi antara panitia ADuin Festival 2018 dengan para peserta Roadshow saat itu.
Materi yang disampaikan oleh teman-teman ADuin Festival 2018 pada saat melakukan kunjungan kampus adalah yang pertama mereka memperkenalkan kepada audience tentang apa itu ADuin Festival, kemudian membagikan Brief ADuin kepada audience. Setelah audience mendapatkan brief kemudian teman-teman ADuin mulai menjelaskan runtutan rangkaian acara ADUin Festival 2018, syarat dan ketentuan lomba, dan juga hadiah lomba yang akan diberikan kepada setiap pemenang. Materi kunjungan tersebut dibungkus rapi dalam wadah seminar yang menarik.
ADuin Festival telah menjadi acara yang menarik dan penuh dengan karya-karya segar generasi muda. Memasuki tahun yang ke-5 ini dengan mengusung tema "RE-KREASI" diharap bisa menjadi stimulus untuk generasi muda bangsa agar selalu dan terus melakukan inovasi, mengembalikan semangat berkreasi, dan juga disisi lain dapat mengharumkan nama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Semoga ADuin Festival 2018 mendapat berkah yang tak terkira dari Tuhan Yang Maha Esa. Aaamiin.... Sukses terus !!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H