Dosen KSDP UM dengan timnya menyelenggarakan seminar pengabdian terkait pelatihan penyusunan butir soal berbasis kemampuan numerasi bagi guru SD di Kota Malang. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan tujuan agar guru memiliki wawasan, pemahaman, dan keterampilan dalam menyusun butir soal berbasis kemampuan numerasi, serta memiliki sikap positif dan kepercayaan diri terhadap numerasi. Kegiatan pelatihan pelatihan ini dilaksanakan dalam 3 sesi terhitung pada tanggal 16, 23, dan 30 Oktober 2021. Kegiatan pelatihan ini dihadiri oleh sekitar 20 guru SD yang berasal dari SDN Bareng 3, SDN Bunulrejo 3, SDN Buring, SDN Karangbasuki 1, SDN Klojen, SDN Lesanpuro 1, SDN Lowokwaru 1, SDN Pandanwangi 1, SDN Pisangcandi 1, SDN Pisangcandi 4, SDN Polehan 1, SDN Rampal Celaket 2, dan SDN Sawojajar 5.
Pada sesi pertama kegiatan pelatihan dilakukan secara tatap muka yang bertempat di Kampus 2 Universitas Negeri Malang dan berlangsung dari pukul 08.00-12.00 WIB. Agenda pertama yang dilaksanakan adalah pemberian pretest dan kuesioner pada awal pertemuan, serta pemaparan 3 materi oleh tim dosen KSDP yaitu Yuniawatika, S.Pd., M.Pd, Drs. Goenawan Roebiyanto, S.Pd, M.Pd, dan Yulia Linguistika, S.Pd., M.Ed yang juga merangkap sebagai ketua pelaksana pelatihan. Materi diberikan kepada peserta pelatihan dengan tujuan memberikan gambaran tentang numerasi, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), kaitan domain numerasi dengan berpikir tingkat tinggi, cakupan subtansi matematika level SD, dan gambaran terkait penyusunan butir soal berbasis kemampuan numerasi.
Selain penyampaian materi dari Dosen KSDP, peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya terkait materi yang telah disampaikan sebelum masuk kepada sesi kedua yaitu pembuatan butir soal berbasis numerasi. Sebagian besar peserta bertanya terkait isi dan poin dari penyusunan butir soal berbasis numerasi. Hal itu menunjukkan bahwa peserta sangat antusias dan semangat untuk segera menyusun butir soal numerasi.
“Untuk penyusunan butir soalnya setiap sekolah setidaknya membuat 2-3 stimulus dengan setiap stimulusnya minimal terdiri dari 3 soal. Bapak/ibu bisa berdiskusi dengan guru lain di sekolah yang sama dalam penyusunan butir soal numerasi.” Jawab salah satu pemateri kepada peserta yang bertanya. Anggukan sebagai tanda paham dari peserta menutup pelaksanaan pelatihan sesi pertama.
Sesi kedua merupakan tahap para peserta pelatihan untuk praktik Menyusun butir soal berbasis kemampuan numerasi. Kegiatan sesi kedua ini dilaksanakan secara Online Asinkronus melalui grub WhatsApp dan juga Googledrive. Pada grub WhatsApp peserta didampingi secara online oleh Dosen KSDP selama proses penyusunan butir soal numerasi. Waktu yang diberikan untuk praktik pembuatan soal adalah sekitar 2 minggu terhitung dari tanggal 16 Oktober hingga 28 Oktober 2021. Butir soal yang telah usai disusun, diupload melalui google form yang telah disediakan oleh ketua pelaksana di grub WhatsApp. Sesi kedua ini peserta yang berhasil menyusun dan mengumpulkan soal butir numerasi sejumlah 22 peserta dengan soal yang bervariatif dan kreatif sesuai dengan kreasi dari guru SD. Butir soal yang telah dibuat itu akan dipresentasikan pada sesi ketiga.
Pelatihan sesi ketiga merupakan ajang untuk presentasi dan reviewer hasil penyusunan butir soal yang telah dibuat oleh peserta seminar. Sesi terkahir ini dilaksanakan di Kampus 2 Universitas Negeri Malang yang juga dimulai dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Acara pertama dibuka dengan ungkapan kendala selama penyusunan butir soal oleh Bu Ajeng dan juga Pak Yuda.