Lihat ke Halaman Asli

Izzati Mursaliyna

yuk, cek artikel artikel saya

Tiktok Peluang Anak Muda Berkreativitas dan Berbisnis

Diperbarui: 22 Januari 2022   06:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://pixabay.com/

Tiktok sudah ada sejak tahun 2016 tetapi meledak di tahun 2019, sebelumnya tiktok sangat tidak di sukai di kalangan remaja, tetapi seiring berjalanya waktu tiktok semakin memperbaiki fitur-fitur untuk menarik para penggunanya. Hal ini membuat tiktok menonjol diantara para pesaing aplikasi lainya bahkan mengalahkan aplikasi-aplikasi yang sudah lama berdiri. 

Tiktok sekarang menjadi tempat berkreativitas banyak orang, dengan menyajikan hiburan melalui vidio pendek, seseorang sudah bisa menjadi kreator. Akhirnya banyak sekali orang memanfaatkan tiktok menjadi peluang yang cukup potensial untuk mendapatkan pengahasilan. Seperti membuat vidio konten edukasi, tutorial,memasak, fashion and beauty, tips dan trik, dance challenge, komedi, musik, membuat kutipan-kutipan yang bertepatan dengan anak remaja seperti percintaan, membuat opini, membuat lukisan tangan dan menyinggung seseorang yang sedang viral.

Tiktok juga menyediakan fitur pengeditan vidio dan ada beberapa tools di dalamnya yaitu  pemotongan vidio, stop record, voice dan timer yang mudah digunakan. Filter tiktok juga tidak kalah bagusnya, mempunyai banyak pilihan seperti green screen, disco light, triple me, screen effect dan buat kalian yang mau bikin vidio tapi males make up, ada juga filter yang menyesuaikan tingkat keinginan penggunanya. Bahkan tiktok digadang-gadang menjadi filter terbagus di antara aplikasi lainya.

Anak muda yang mempunyai usaha juga sangat mudah mempromosikan dengan membuat vidio pendek di tiktok. Kebanyakan dari mereka mempromosikan ootd, keindahan membuat kue,mengiklankan barang endors, membuat vidio makan-makanan yang unik, membuat cangkir dari tanah liat dan tambahan voice yang lucu membuat seseorang mempunyai ketertarikan tersendiri untuk melihatnya. Karna semua itu hal yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari yang memang dipakai, dimakan, dilakukan, dibeli oleh banyak orang.

Bahkan sekarang tiktok tidak tanggung-tanggung memanfaatkan kesempatan emas untuk membuka e-commerce dengan menambahkan fitur di aplikasinya, pembeli dimudahkan membeli barang tanpa menuju situs web toko dan semua hal dilakukan di dalam satu aplikasi saja seperti transaksi jual beli, chat, pemesan dan terlebih ada banyak gratis ongkir yang membuat penggunanya berbelanja di tiktok shop. Bahkan sudah kebanyakan toko online mulai banyak yang membuka tokonya di tiktok karna mereka merasa kebanyakan orang sudah mulai beralih penggunaan media sosialnya dan kalian juga bisa menambahkan daftar tiktok sebagai marketplace sebagai jualan.

Berkreativitas rupanya sudah banyak di lakukan orang di media sosial, peluang mendapatkan ketertarikan seseorang bahkan lebih mudah. Kebanyakan orang juga sudah menggunakan handphone sebagai alat yang tidak bisa lepas dari genggaman, seolah-olah handphone menghiptonis seseorang untuk tidak melepasnya. Tetapi handphone juga tidak selamanya buruk, sudah banyak sekali orang menggunakanya dengan bijak dan banyak sekali peluang untuk membuka bisnis dan bukan hal yang mustahil seseorang bisa mendapatkan cuan dari bermain handphone saja. Jika kita sendiri bisa menyaring dengan baik, hal yang baik akan datang juga pada diri sendiri.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline