Lihat ke Halaman Asli

Izzati Mursaliyna

yuk, cek artikel artikel saya

Sukses Bersama Tanaman Hidroponik

Diperbarui: 19 Juli 2021   20:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Youtube/Yogip syakafiq 

Tanaman Hidroponik sendiri adalah budidaya tanaman dengan memanfaatkan air sebagai media tumbuhnya dengan cairan khusus dengan kandungan mineral. artinya sayuran ini tidak membutuhkan tanah untuk tumbuh. 

Beberapa petani hidroponik bahkan tidak menggunakan pestisida sama sekali, Mereka menerapkan metode pertanian organis yang mengandalkan semuanya dari bahan alami.

kelebihan lain sayuran hidroponik adalah menguntungkan petani dari segi produksi, sayuran hidroponik bisa di tumpuk secara vertikal sehingga lebih hemat lahan dan hasil panen lebih banyak.

nah, kekurangan sayuran hidroponik ini juga ada. meskipun tanaman hidroponik mempunyai resiko lebih kecil buat terkena hama, tapi tak menutup kemungkinan tanaman hidroponik mampu mengalami sedikit hama, tanaman hidroponik ini juga memerlukan cahaya yang membutuhkan tidak sedikit energidan masih masih banyak anggaran lain yang diperlukan untuk mengontrol pertumbuhan tanaman hidroponik.

Apakah sayuran hidroponik lebih sehat di banding sayuran organik ?

Sebenarnya, sayuran hidroponik belum terbukti secara pasti lebih menyehatkan daripada sayuran ditanam dengan metode lain, tetapi terdapat beberapa penilitian yang memperlihatkan bahwa syuran jenis ini memiliki nutrisi yang lebih tinggi.

Metode hiroponik dapat menghasilkan sayuran lebih berkualitas ketimbang cara organik. Namun, kualitas yang dihadirkan membuat harga sayuran hidroponik lebih tinggi dari pada organik. Kepala suku dinas ketahanan pangan, mengatakan keungulan memang ada dalam sayuran dengan cara hidroponik. 

Jelas, bisa dikatakan jauh lebih sehat " Sayuran dengan cara hidroponik tanpa pestisida dan bahan kimia lainya, Jadi dapat lebih renyah dan sehat " dan nutrisi di dalam sayuran hidroponik sudah terjamin. Sebab, takaran saji sangat dijaga agar tumbuh kembang sayur itu dapat sempurna maksimal.

Mengapa sayuran hidroponik lebih mahal dibandingkan sayuran organik ?

Karena sayuran hidroponik lebih memiliki kualitas dibandingkan sayuran organik, lantas kualitas yang dihadirkan membuat hidraponik lebih unggul dibandingkan organik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline