Lihat ke Halaman Asli

Seberapa Pentingkah Pendidikan?

Diperbarui: 17 Juni 2015   17:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tingkah laku seseorang.
Menurut Ki Hajar Dewantara pendidikan adalah proses pembudayaan yakni suatu usaha yang memberikan nilai-nilai luhur kepada generasi baru dalam masyarakat yang tidak hanya bersifat pemeliharaan tetapi juga dengan maksud memajukan serta memperkembangkan kebudayaan menuju ke arah keluhuran hidup kemanusiaan.

Pendidikan juga dibagi menjadi dua yaitu pendidikan formal dan pendidikan non formal. Pendidikan formal dapat kita temui di sekitar lingkungan kita seperti anak yang sedang belajar di sekolah dasar atau sekolah menengah pertama yag biasa disebut SMP. Di dalam situ kita mendapat pengetahuan baru yang mungkin tidak bisa kita dapatkan di luar tetapi tidak menutup kemungkinan karena kita belajar bisa dari mana saja. Pendidikan non formal itu seperti kegiatan yang terorganisir diluar dari sekolahan dan pembelajaran ini bersifat mandiri.

kalau pendidikan agama yaitu suatu usaha yang ditunjukan untuk anak didik yang sedang tumbuh agar mereka mampu menimbulkan sikap dan budi pekerti yang baik. Hubungan pendidikan dan agama kaitannya sangat erat dan merupakan landasan terpenting bagi pendidikan itu sendiri. Agama memberikan landasan pemikiran yang berkenaan dengan manusia dalam kehidupan ini. Agama selalu bersifat pendidikan karena didalamnya terdapat pembelajaran yang dapat kita ambil. Namun dalam proses pendidikan, pendidikan itu harus sejalan dengan agama dan saling melengkapi sehingga hasil yang di hasilkan itu bagus. Jadi dapat disimpulkan bahwa ilmu agama dan pendidikan itu sangat penting dan mempunyai pengaruh yang besar dalam pembentukan moral anak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline