Lihat ke Halaman Asli

Izzah Rosya

mahasiswa

Galang Dana sebagai Bentuk Kepedulian

Diperbarui: 11 Agustus 2022   02:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pernahkah anda melihat di persimpangan lampu merah, terkadang sekumpulan pelajar, mahasiswa, atau pekerja berdiri di didepan para pengguna jalan yang sedang berhenti menunggu lampu hijau menyala. Mereka membawa spanduk yang menjelaskan bahwa mereka sedang melakukan penggalangan dana. Tetapi sebenarnya, apa aitu galang dana? Dan untuk apa galang dana itu?

Fundraising atau yang sering disebut sebagai penggalangan dana adalah suatu upaya atau proses kegiatan dalam rangka menggalang atau menghimpun dana, baik berupa infak, sedekah, zakat, maupun sumber dana lainnya dari individu, kelompok, organisasi, perusahaan, dan pemerintah. Dana yang terkumpul dari kegiatan penggalangan dana akan disumbangkan atau disetorkan kepada warga atau pihak yang membutuhkan sesuai dengan tujuan awal dilaksanakannya penggalangan dana tersebut. Pihak yang membutuhkan bisa seorang korban bencana alam, warga yang membutuhkan dana berobat, warga yang membutuhkan dana pendidikan dan lain lain. Selain yang bisa kita lihat di persimpangan lampu merah, penggalangan dana juga bisa dilakukan dengan cara datang kerumah rumah warga, tetapi cara ini kurang efektif dan cukup memakan banyak waktu. Metode lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan cara mengadakan penggalangan dana secara online. Galang dana secara online bisa lebih menghemat waktu karena informasi yang cepat menyebar dan jangkauan yang menjadi sasaran penggalangan dana juga lebih luas. Selain itu, penggalangan dana juga bisa dilakukan dengan mengadakan bazar, dimana hasil penjualan akan disetorkan dan disumbangkan ke orang orang membutuhkan.

Mengadakan dan mengikuti kegiatan galang dana punya banyak manfaat, diantaranya bisa membantu meringankan beban orang yang membutuhkan dan mengajak untuk berbuat kebaikan. Kepedulian terhadap kemanusiaan menjadi hal yang mendasari adanya kegiatan galang dana. Dana yang terkumpul pun bermacam macam besarannya, tergantung metode apa yang digunakan dan seluas apa informasi tentang penggalangan dana tersebut tersebar.

Ada beberapa Lembaga yang menaungi dan dan mengurusi kegiatan penggalangan dana, diantaranya Lembaga Kitabisa.com, Ruangpeduli.org, Bersedekah.com, dan bahkan bisa menyalurkan dana melalui PMI.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menyukseskan acara penggalangan dana yaitu niatkan hati benar benar ikhlas untuk membantu para warga yang membutuhkan. Selain itu Lembaga dan penyelenggara acara harus secara transparan dan amanah dalam menyalurkan dana terhadap pihak yang di tuju. Jika hal hal tersebut sudah dilakukan, tentunya akan mengundang banyak pelajar, mahasiswa, maupun pekerja yang turun ke jalan, melakukan aksi galang dana dan membantu mereka yang membuthkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline