Lihat ke Halaman Asli

Islam Pluralisme dan Islam Budaya

Diperbarui: 18 Desember 2019   20:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

ISLAM PLURALISME

Islam pluralisme berasal dari bahasa inggris pluralism apabila merujuk dari bahasa inggris maka definisi pluralism adalah "in the social sciences, pluralism is a framework of interaction in which groups show sufficient respect and tolerance of each other, that they fruit fully coexist and interact without conflict or assimilation" yang dalam bahasa indonesia "suatu kerangka interaksi yang mana setiap kelompok menampilkan rasa hormat dan toleran satu sama lain berintetaksi tanpa konflik atau asimilasi (pembaruan/pembiasaan).

Syeh Hasyim Ali berpendapat bahwa pluralisme (kemajemukan) adalah kondisi masyarakat di mana berbagai macam etnis, agama dan budaya hidup damai berdampingan dalam satu bangsa.

ISLAM BUDAYA

Islam budaya dalam bahasa arab dan dalam bahasa inggris islamic culture adalah istilah yang banyak di gunakan dalam akademik seluler untuk mendeskripsikan praktik budaya orang islam, karena agama islam muncul pada abad ke-6 di arab. Bentuk awal budaya arab dengan berkembangnya kerajaan-kerajaan Islam Muslim saling berhubungan dan berasimilasi dengan budaya persia, turki, mongol, india, mesir, uyghur, melayu, Berber, indonesia, moro Dan rohingya.





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline