Lihat ke Halaman Asli

Izzah AzaliyahAthifah

Mahasiswa/santri

Perkembangan Fisik, Kognitif, Sosioemosional, dan Metode Belajar Anak Usia Dini

Diperbarui: 27 November 2022   21:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1. Perkembangan fisik

Anak usia dini adalah anak yang memiliki usia 0-6 tahun yang biasanya memiliki perkembangan fisik yang sangat mencolok, seperti bertambah tinggi dan berat badannya

2. Perkembangan kognitif

Biasanya ditandai dengan kemampuan individu mengolah informasi dengan bahasa sehari-hari. Sesuai dengan perkembangan kognitif yang dikemukakan oleh piaget, maka perkembangan anak-anak adalah termasuk pada tahap praoperasional yang mana anak lebih banyak bertanya akan sesuatu yang belum diketahuinya.

  • Usia 0-6 bulan biasanya anak memahami perbedaan antara benda hidup dan benda mati, dapat mengenali perbedaan gambar dengan jumlah objek berbeda, dan mulai bertanya tentang sesuatu yang tidak diketahuinya.

  • Usia 9-12 bulan dapat meniru beberapa gerakan, dan dapat menanggapi sesuatu dengan suara dan gestur.
  • Usia 1-2 tahun biasanya ditandai dengan kemampuan memahami dan merenspons kata-kata, dan meniru gerakan dan ucapan orang dewasa
  • Usia 3-4 tahun biasanya sering mengamati dan mendengarkan intruksi dan dapat mendeteksi ukuran dan bentuk benda
  • Usia 5-6 tahun dapat mengindentifikasi warna-warna yang lebih kompleks, serta dapat menggambarkan benda yang mereka sebut dan dapat mendeskripsikannya                                                                                                                                                                                                                  

  • 3.  Perkembangan sosioemosional                                                                                                                                                                     
  • Perkembangan sosioemosional anak biasanya ditandai dengan kemampuan anak dalam menyesuaikan diri untuk memahami keadaan serta perasaan dalam berinteraksi dengan orang-orang yang berada di lingkungannya dengan cara mendengarkan, mengamati, dan meniru hal-hal yang dilihatnya.                                                                                                                                                                                           
  • 4. Metode pembelajaran                                                                                                                                                                                                  
  • Dapat dengan cara menerangkan sambil bermain, bercerita, bernyanyi, karya wisata,  dan demonstrasi.                                                                      

  • SEKIAN TERIMAKASIH



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline