Lihat ke Halaman Asli

Izza AlviNur

Nama : Izza Alvi Nur

Akad Wadiah di Dalam Perbankan Syariah

Diperbarui: 5 Juni 2023   06:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di Indonesia masih banyak masyarakat yang belum sepenuhnya tau tentang akad-akad di dalam dunia perbankan syariah, yang diketahui masyarakat hanya beberapa saja seperti akad bagi hasil (mudharabah) padahal masih banyak akad-akad yang ada di perbankan salah satunya adalah akad wadiah.

Akad wadiah sudah tidak asing lagi di dalam keuangan syariah, apa sih akad wadiah itu? Akad wadiah adalah akad dimana sesorang menitipkan barang kepada orang lain untuk dijaga. Di dalam perbankan barang yang dimaksud adalah uang.

Wadiah juga dapat diartikan sebagai titipan dari nasabah yang harus dijaga dan wajib dikembalikan ketika seorang nasabah ingin mengambilnya. Akad wadiah ini mengandung prinsip kepercayaan, amanah karena jika barang yang dititipkan kepada pihak bank lalu barang tersebut terjadi kerusakaan, kehilangan atau kelalaian dari pihak bank maka pihak bank tersebut wajib untuk menggantinya.

Akad wadiah secara sederhana dapat dipahami sebagai pemeliharaan atau pengalihan harta milik satu pihak kepada pihak lain dengan maksud untuk melindungi harta tersebut. Menurut prinsip syariah, akad wadiah digunakan dalam konteks perbankan syariah untuk menyediakan layanan penyimpanan dan pengamanan dana masyarakat dengan prinsip-prinsip syariah.

Dalam perbankan syariah, akad wadiah didasarkan pada amanah dan dapat dipercaya. Harta pemilik atau penitip menjadi tanggung jawab bank syariah yang bertindak sebagai wadi' atau pihak yang menerima amanah. Tanpa izin pemilik, Wadi' tidak berhak menggunakan atau menginvestasikan harta tersebut. Selain itu, wadi' harus menjamin bahwa pemilik dapat mengakses aset yang disimpan di sana setiap saat.

Jenis-jenis Akad Wadiah

          Di dalam perbankan syariah terdapat beberapa jenis akad wadiah yang digunakan untuk produk simpanan dan tabungan. Berikut ini beberapa jenis akad wadiah yang umum digunakan :

  • Wadiah Yad Amanah yaitu akad dimana pihak yang dititipkan tidak boleh menggunakan barang atau uang dan pihak yang dititipkan tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan yang tidak dilakukan oleh penitip barang.
  • Wadiah Yad Dhamanah yaitu akad dimana pihak yang dititipkan boleh memanfaatkan barang walapun tanpa seizin pemilik barang dan pihak yang dititipkan harus bertanggung jawab jika terjadi kehilangan atau kerusakan. Jadi di akad wadiah yad dhamanah itu semua manfaat dari barang tersebut bisa menjadi hak yang penerima barang.


Bisa di lihat dari pengertian macam-macam akad wadiah sudah jelas bahwa di dalam perbankan syariah memakai akad Wadiah Yad Dhamanah karena akad ini bersifat penanggung, bank boleh memanfaatkan kegunaan uang tersebut tetapi pihak bank bertanggung jawab jika nasabah ada yang kehilangan uang. Maka pihak bank wajib menggantinya.

Salah satu akad yang digunakan dalam perbankan syariah untuk mengelola aset atau dana nasabah adalah akad wadiah. Prinsip-prinsip kepercayaan, tanggung jawab, kepercayaan, dan perlindungan adalah dasar dari kontrak ini. Di dalam bank syariah para nasabah menitipkan barang atau uang kepada bank yang bertujuan agar bank tersebut dapat  menyimpan uang nasabah dan dapat diambil sewaktu-waktu. Maka akad wadiah yad dhamanah yaitu dapat memakai keuntungan yang diambil dari dana titipan para nasabah. Dana tersebut dapat berupa bentuk simpanan seperti tabungan, giro, deposito dan bentuk lainnya. Akad wadiah sebenarnya digunakan dalam berbagai produk dan layanan perbankan syariah seperti jaminan bank, safe deposit box dan rekening wadiah. Keuntungan menggunakan akad wadiah dalam perbankan syariah antara lain ketersediaan dana bagi nasabah, kepatuhan terhadap syariah, dan keamanan terhadap uang yang dititipkan di bank.

Di dalam implementasinya, Akad wadiah dapat digunakan untuk berbagai produk dan layanan perbankan syariah. Salah satu contoh produknya adalah tabungan wadiah. Dalam rekening tabungan wadiah, nasabah berbagi sejumlah aset tertentu dengan bank syariah untuk disimpan dan dilindungi. Keamanan dana dan  memberikan layanan penarikan sebagai tanggapan atas permintaan pelanggan adalah tanggung jawab bank syariah. Namun, karena ada dasar prinsip amanah, bank syariah tidak memberi imbal hasil atau bunga pada rekening tabungan wadiah. Bank harus berpegang pada prinsip syariah selama proses pelaksanaan akad wadiah, antara lain larangan riba (bunga), gharar (ketidakpastian), dan maysir (perjudian). Sebagai lembaga keuangan Islam, bank juga harus mematuhi persyaratan etika dan tanggung jawab sosial serta memastikan keamanan dan perlindungan dana nasabah.

Perlu diketahui bahwa akad wadiah tidak sama dengan akad investasi. Akad investasi memiliki peran untuk mengelola dana nasabah dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Sedangkan di dalam akad wadiah bank syariah tidak menggunakan dana nasabah untuk investasi atau memberikan pinjaman kepada pihak lain, bank wadiah bertindak sebagai wadi' yang bertanggung jawab untuk menjaga dan mengelola dana nasabah tanpa mengharapkan imbalan atau keuntungan. Dengan demikian, semua pembelian bersifat final diberikan kepada nasabah dalam akad wadiah. Tujuan utama dari akad wadiah adalah untuk memberikan kepercayaan kepada nasabah akan keamanan asetnya. Bank syariah harus menggunakan akad wadiah secara transparan, hati-hati, dan mengutamakan untuk menjaga kepercayaan nasabah dan berpegang teguh pada prinsip-prinsip syariah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline