Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Skill Leadership di Perusahaan

Diperbarui: 1 Desember 2021   00:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 Sumber Ilustrasi : Inc Magazine 

Apa yang ada dipikiran kalian ketika mendengar kata kepemimpinan? Mungkin anda akan berpikirr tentang seorang ketua atau orang yang berpengaruh, anggap saja semua yang anda pikirkan itu benar dan sebenarnya kita sudah tidak asing lagi dengan kata kepemimpinan bahkan dalam sebuah organisasi kepemimpinan adalah hal yang tidak dapat dipisahkan. 

Bahkan tanpa kita sadari dalam kegiatan sehari-hari maupun hal kecil kepemimpinan sering kita temui. Contohnya dalam lingkup keluarga, orang tua terutama ayah disini memiliki kedudukan sebagai pemimpin dalam rumah tangga. 

Pemimpin disini memiliki peran yang penting dalam mengambil andil yang cukup besar contohnya seperti mengambil keputusan, memberikan contoh kepada keluarganya dan lain sebagainya. 

Begitupun dengan sebuah organisasi ataupun perusahaan, tanpa adanya pemimpin para karyawan tidak akan dapat bekerja dengan baik, karena fungsi pemimpin di sini diperlukan untuk mempengaruhi, memotivasi karyawan serta ikut serta dalam proses pengambilan keputusan.

Dalam sebuah organisasi pejabat tertinggi adalah seorang pemimpin. Pemimpin disini memiliki arti adalah seorang yang memiliki kemampuan di atas pengikutnya, bawahannya atau masyarakat pada umumnya.pemimpin harus memiliki nilai lebih yang tidak dimiliki oleh orang lain. 

Tidak semua orang memiliki jiwa kepemimpinan tetapi pemimpin harus memiliki jiwa kepemimpinan ini. Karena tidak mudah untuk menjadi seorang pemimpin,ia harus siap lahir dan batin. Pemimpin harus dituntut untuk siap moralitas dan intelektualnya juga.

Dalam sebuah organisasi atau perusahaan apakah pemimpin dan manajer itu sama?

Apabila melihat dari definisinya pemimpin memiliki arti yang bersifat umum tidak ada batasan atau sebuah pengkhususan, berbeda dengan manajer, manajer adalah sebuah pemimpin yang ada di dalam perusahaan. 

Jadi belum tentu pemimpin adalah seorang manajer, tetapi manajer sudah pasti seorang pemimpin. kemampuan seorang manager untuk memimpin secara aktif akan memengaruhi kemampuannya untuk mengelola, tetapi seorang pemimpin hanya membutuhkan kemampuan untuk memengaruhi perilaku orang lain.

Leadership sebetulnya adalah hal yang terpenting bagi setiap karyawan, contohnya dengan memiliki leadership yang kuat karyawan mampu menyelesaikan tugasnya dengan tepat waktu karena dia dapat memimpin dirinya sendiri seperti apa dan tahu serta paham akan skala prioritas. Apabila setiap karyawan memiliki sifat leadership yang tinggi, dapat dipastikan kinerja dan profit perusahaan akan tinggi.

Adapun cara-cara yang dapat digunakan oleh para karyawan untuk menumbuhkan skill leadership di perusahaan. Mari kita lihat penjelan lebih lebih lanjut:

  • Disiplin. Semua hal harus dimulai dengan diri sendiri, begitu pula dengan seorang pemimpin. Biasakan diri untuk mengikuti standar yang ada, mulai hal-hal yang kecil seperti bangun pagi tepat waktu, pekerjaan selesai sesuai deadline. Dengan menunjukan kedisiplinanmu, perusahaan akan menilai ini sebagai point plus yang kita miliki dan perusahaan akan memikirkan jenjang karir untuk kedepanmu, rekan-rekan kerjamu juga termotivasi untuk menjadi lebih baik dan lebih disiplin.
  • Menginsipirasi. Tidak banyak orang yang dapat melakukan hal seperti ini, tidak perlu terlihat sempurna dalam semua hal, cukup kerjakan apa yang menjadi pekerjaan utamamu dengan baik dan tunjukan keseriusan kamu dalam bekerja. Apabila hasil pekerjaanmu baik dan mengesankan, maka akan semakin banyak orang yang terinspirasi.
  • Tekun. Semua hal pasti harus ditekuni karena tidak ada istilah instan. Mulailah semuanya dengan baik dan teratur meskipun pelan dalam proses lambat laun kemampuan kepemimpinanmu akan terus bertambah.
  • Komunikatif. konumikasi sangat penting dalam sebuah pekerjaan, pastikan kamu memiliki tim yang memiliki komunikasi yang baik sehingga kinerja tim memiliki performa yang baik.
  • Teguh. Pemimpin harus siap badan dalam situasi apapun, karena akan ada pro dan kontra dari rekan-rekan kerja atau struktur perusahaan. dan disinilah kepeminpinan akan diuji apakah layak untuk menjadi pemimpin ataukah sebaliknya. 
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline