Lihat ke Halaman Asli

Jaringan Ikat

Diperbarui: 6 Juni 2024   23:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Jaringan adalah sekelompok sel yang struktur dan fungsinya sama. Contohnya adalah sel-sel otot yang membentuk jaringan otot. Jaringan dasar terdiri atas jaringan epitel, jaringan otot, jaringan saraf, dan jaringan ikat yang akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Jaringan epitel

Jaringan epitel terdiri atas sel yang tersusun rapat dan hanya terdapat sedikit zat perekat antar sel. Epitel merupakan lapisan yang berfungsi untuk membatasi atau menutupi permukaan serta merupakan suatu massa sel pada suatu kelenjar.

2. Jaringan otot

Jaringan otot terdiri atas sel panjang yang mengandung filamen sitoplasma yang dipisahkan oleh jaringan ikat vaskular halus dan saling berkaitan.

3. Jaringan saraf

Jaringan saraf tersusun atas kumpulan sel yang sebagian di antaranya berukuran besar dengan cabang yang panjang. Pada umumnya, sel tersebut akan berkelompok membentuk suatu massa. 

4. Jaringan ikat

Jaringan ikat terdiri atas banyak sel yang saling berjauhan karena terdapat lebih banyak bahan interselnya. Jaringan ikat yang memiliki sifat khusus terdapat pada jaringan penyusun darah, tulang rawan,dan tulang keras.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline