Lihat ke Halaman Asli

Penanaman Karakter Baik pada Anak Zaman Sekarang

Diperbarui: 8 Agustus 2023   19:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Character Building adalah usaha untuk membuat watak atau perilaku budi pekerti dan berbudi luhur manusia. Sedangkan karakter sendiri adalah watak atau akhlak dari seseorang atau manusia. Untuk membangun karakter yang baik dan berbudi luhur sendiri tidaklah sulit hanya tergantung pada kemauan diri sendiri. Namun karakter budi pekerti ini sangat penting bagi semua orang dari orang muda hingga tua.  

Pendidikan karakter sendiri seharusnya sudah di ajarkan sejak masih di taman kanak-kanak hingga bangku perkuliahan. Pendidikan karakter umumnya bertujuan agar seorang anak dapat memiliki kerendahan hati terhadap sesame manusia. Tidak hanya itu pendidikan ini juga bertujuan agar seorang anak ataupun mahasiswa dapat memiliki keberanian dalam menegakkan suatu kebenaran.

Selain semua itu pendidikan karakter masih memiliki banyak tujuan. Pendidikan karakter ini membantu siswa atau mahasiswa agar menjadi insan yang cerdas dan baik.peran orang tua dan pengajar sangat diperlukan untuk menanamkan pendidikan karakter ini pada seorang anak. Sebagian orang berfikir bahwa penanaman karakter yang baik kepada anak sangat susah, sebenarnya tidak karena setiap orang sudah memiliki karakter masing-masing hanya saja pengembangan seorang anak tanpa guru atau dampingan orang tua biasanya sagat lambat. Mungkin itulah yang membuat persoalan karakter dilingkungan masyarakat sekarang ini terlihat sangat sulit.

Dalam pendidikan karakter sendiri bukan pujian orang yang kita harapkan yang menjadi hal penting, melainkan apakah kita dapat melaksanakan dan mengembangkan perilaku baik tersebut. Jadi, pembiasaan lah yang menjadi hal yang sangat penting dalam menerapkan sifat baik ini. Bagi anak jaman sekarang pendidikan karakter sendiri sangat penting untuk ditanamkan. Ini bertujuan agar anak-anak muda sekarang ini siap untuk menjadi penerus bangsa dan negara ini. Karena menurut sebagian besar orang berfikir bahwa anak-anak muda sekarang adalah generasi perubah bangsa agar menjadi lebih baik dan mampu bersaing dengan negara-negara maju lainnya.

Penanaman karakter ini juga penting untuk memperkuat akhlak dan sifat baik bagi seorang anak. Jika seorang anak memiliki budi pekerti dan tanggung jawab yang kuat maka tidak akan terjadi hal buruk pada negara ini untuk kedepannya. Beberapa cara agar seorang anak dapat memperkuat pendidikan karakter pada dirinya sendiri antara lain:
1.Selalu menghargai diri sendiri dan orang lain
2.Menghormati orang yang lebih tua
3.Bertanggung jawab dengan pekerjaan rumah atau yang lainnya
4.Bersifat religius
5.Mandiri dan belajar tidak merepotkan orang tua
6.Tidak membedakan teman yang berbeda suku, bahasa, budaya, dan agama
7.Menaati tata tertib baik dirumah, sekolah, ataupun masyarakat

Tidak hanya dari anak sendiri, peran orang tua dan guru juga sangat diperlukan untuk penanaman karakter pada seorang anak. Beberapa upaya yang harus dilakukan orang tua dan guru untuk penanaman karakter pada anak antara lain:
1.Tidak memanjakan anak
2.Mengajarkan hal-hal baik seperti berbagi atau yang lainnya
3.Orang tua dan guru sebaiknya melakukan kegiatan yang baik karena seorang anak adalah peniru
4.Nyatakan salah jika memang salah, dan kegiatan positif lainnya.

Dengan itu semua sangat jelas bahwa pendidikan karakter sangat penting dan harus diajarkan kepada anak-anak muda sekarang. Karena anak-anak muda lah yang akan menjadi penerus dan perubah bangs aini menjadi bangsa yang lebih baik dari sekarang, dan menjadi negara yang mampu bersaing dengan negara-negara maju yang lainnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline