Lihat ke Halaman Asli

Isma Wati

Bluestory

Lezat Serta Kaya Manfaat Daging Mata Seribu

Diperbarui: 4 Februari 2021   13:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Saya lahir di tengah orang-orang pecinta kedelai, kedelai dalam bentuk apapun. Entah itu berupa tempe, susu kedelai, tahu dll. Terutama si daging mata seribu ini yang kaya manfaat dan sangat lezat. Cocok untuk banyak olahan  rumahan seperti baceman, digoreng, disambel dan masih banyak lagi varian olahannya.

Selain rasa yang lezat serta harga terjangkau, kedelai fermentasi ini juga mengandung banyak gizi. Dalam 100 gram tempe memiliki kandungan protein, lemak sehat, serat, karbohidrat hingga prebiotik bisa didapatkan dari tempe untuk memenuhi kebutuhan kesehatan. Namun utamanya berasal dari protein nabati, dan cocok apabila dikonsumsi sebagai alternatif pangan pengganti daging.

Salah satu kandungan tempe yaitu isoflavon, bila dikonsumsi bisa menurunkan kadar kolesterol yang nantinya bekerja untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Isoflavon memiliki antioksidan yang bisa menangkal kerusakan sel-sel tubuh. Terdapat prebiotik yang memiliki potensi untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan daya ingat. Selain itu kandungan protein yang melimpah dapat meningkatkan rasa kenyang sekaligus mengurangi rasa lapar. Cocok untuk diet sehat anti lapar dan tentunya menyehatkan.

Tidak diragukan lagi manfaat daging mata seribu ini, rasa lezat apalagi kaya manfaat dan pengeluaran kantong jadi hemat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline