Lihat ke Halaman Asli

izatul laela

Seorang Kepala Sekolah di SDN Karangsono Wonorejo Kab. Pasuruan Propinsi Jawa Timur,.

Jangan Tidur Sebelum Lakukan Ini

Diperbarui: 7 April 2024   13:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Sebagai seorang muslim panutan kita adalah Rasulullah SAW. Dalam setiap aktifitas yang kita lakukan mulai bangun tidur sampai mau tidur sudah semestinya kita ittiba' (mengikuti) Rasulullah SAW.

Ada amalan sebelum tidur yang ringan namun pahalanya besar. Apa saja amalan itu?

Rasulullah SAW pernah bersabda,"Janganlah kalian tidur sebelum melakukan 4 hal ini."

Nah, apa saja 4 hal tersebut?

1. Janganlah kalian tidur sebelum membaca surat Al Ikhlas.  Fadhilah membaca surat Al Ikhlas sebanyak 3 kali ini setara dengan pahalanya mengkhatamkan Al Qur'an.
2. Janganlah kalian tidur sebelum mendapatkan syafaat dari Nabi. Maksudnya adalah dengan membaca sholawat atas Nabi Muhammad SAW sebanyak 3 kali.
3. Janganlah kalian tidur sebelum semua kaum muslim ridlo kepadamu. Caranya adalah dengan mengucapkan istighfar sebanyak 3 kali.
4. Janganlah kalian tidur sebelum haji dan umroh. Bagaimana caranya? Yaitu dengan membaca Subhanallah Walhamdulillah Walaa ilaaha IllaLlah Wallahu Akbar sebanyak 3 kali.

Hal lain yang tak kalah penting yang dianjurkan Rasulullah SAW sebelum kita tidur adalah berwudhu kemudian sholat witir.

Berwudhu sebelum tidur memiliki beberapa manfaat, termasuk membersihkan diri dari kotoran dan dosa-dosa kecil yang mungkin terjadi dalam sehari. Selain itu, dalam beberapa tradisi Islam, berwudhu sebelum tidur dapat memberikan perlindungan dari gangguan setan atau mimpi buruk. Ini juga dapat membantu seseorang memasuki tidur dengan hati yang lebih tenang dan pikiran yang lebih jernih.

Adapun tentang anjuran sholat witir sebelum tidur, berikut ini hadits Nabi yang menyatakan,
Dari Aisyah, ia berkata: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam jika ingin tidur, beliau melakukan Shalat Witir."(HR Abu Dawud)

Hadis ini menunjukkan praktik Nabi Muhammad SAW yang menunaikan Sholat Witir sebelum tidur, sehingga menjadi anjuran bagi umat Islam untuk melaksanakan hal yang sama.

Sholat Witir adalah sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah Sholat Isya dan sebelum Sholat Shubuh. Ini merupakan amalan yang dianjurkan dan diberkahi dalam Islam. Melaksanakan Sholat Witir sebelum tidur dapat menjadi cara yang baik untuk mengakhiri hari dengan ibadah dan memohon ampunan serta berkah dari Allah SWT.

Mari menjadi muslim yang taat, cerdas menangkap moment dan even dari peluang amal shalih yang ringan namun bernilai pahala yang besar. Apalagi di bulan yang penuh kemuliaan ini yaitu bulan Ramadhan di mana Allah memberikan bonus pahala sampai ratusan kali lipat.

Mari meraih kemenangan.

Semoga bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline