Lihat ke Halaman Asli

izatul laela

Seorang Kepala Sekolah di SDN Karangsono Wonorejo Kab. Pasuruan Propinsi Jawa Timur,.

Workshop Lesson Study For Learning Community Terintegrasi Design Thinking

Diperbarui: 13 Juli 2023   16:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input sumber gambar

Pada hari Rabu, 12 Juli 2023 MGMP IPA SMP Kabupaten Pasuruan melaksanakan kegiatan pembukaan Workshop Lesson Study For Learning Community Terintegrasi Design Thinking Dalam Mengembangkan Pembelajaran Inovatif Kurikulum Merdeka bekerja sama dengan Tim Peneliti Pendidikan Biologi FMIPA UM.

Meski masih dalam masa libur akhir tahun pelajaran, tak menyurutkan semangat guru-guru IPA SMP di kabupaten Pasuruan. Terbukti kegiatan ini dihadiri kurang lebih 110 guru IPA yang berasal dari SMP baik negeri maupun swasta di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan.

Kegiatan ini istimewa karena bertempat di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Pasuruan, lantai III Gedung B Komplek Perkantoran Raci, Pasuruan. Biasanya kegiatan pembukaan MGMP IPA SMP dilaksanakan di SMPN 1 Pandaan.

Diawali pembukaan yang dipandu oleh Bapak Nailil Marom, S.Pd  dengan membaca Al Fatihah bersama.

Input sumber gambar

Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh Ibu Lilis Suryani, S.Pd dari SMPN 2 Gempol.

Berikutnya sambutan dari koordinator MGMP IPA SMP, Ibu Hj. Sulistyorini, M. Si. Ibu Rini yang saat ini menjabat sebagai kepala sekolah di SMPN 3 Bangil meminta kepada peserta yang hadir untuk benar-benar memanfaatkan kesempatan yang dipercayanan oleh LP2M UM dalam pengembangan Lesson Study.

Sambutan berikutnya dari Kadisdikbud sekaligus pembukaan Workshop yang diwakili Kabid Dikdas, Bapak Mohammad. Syafi'i, M.Pd. Abah Syafi'i, demikian sapaan akrabnya menyampaikan beberapa poin antara lain bahwa MGMP IPA harus bisa menjadi contoh dalam bergiat bagi MGMP lain. Kepercayaan dari UM dalam mengembangkan Lesson Study Terintegrasi Design Thinking melalui MGMP IPA patut diapresiasi. Oleh karena itu guru-guru IPA harus bisa memanfaatkan hasil Workshop dalam penerapan IKM.

Pembacaan doa oleh Bapak Abdul Qodir, S.Pd, guru SMPN 1 Purwosari yang juga merupakan pengurus MGMP IPA SMP Kabupaten Pasuruan menandakan pembukaan workshop sudah selesai. 

Berikutnya adalah kegiatan inti yang dipandu oleh Bapak Prof. DR. Ibrohim, M.Sc, pakar lesson study yang baru saja secara resmi dikukuhkan sebagai guru besar di UM.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline