Lihat ke Halaman Asli

Izatul Laela

Kepala Sekolah di SDN Karangsono Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan

Ada Apa di Bulan Agustus?

Diperbarui: 3 Agustus 2023   08:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Agustus merupakan bulan yang istimewa bagi seluruh rakyat Indonesia karena di dalamnya ada peringatan peristiwa yang sangat bersejarah yaitu diproklamirkannya kemerdekaan negara Republik Indonesia.

Ternyata selain ulang tahun kemerdekaan negara Republik Indonesia, bulan Agustus juga menyimpan catatan sejarah yang juga tak kalah penting bagi bangsa Indonesia. Apa sajakah itu ? Berikut ini ulasannya.


Pertama, tanggal 5 Agustus diperingati sebagai hari Dharma Wanita Indonesia, yang merupakan organisasi istri para pegawai negeri sipil (PNS) di Indonesia. Organisasi ini meskipun lahir pada 5 Agustus 1974 tetapi ditetapkan pada 7 Desember 1999.


Ke-dua, terjadinya pemboman pada dua kota besar di Jepang yaitu di kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945 dan Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945 yang dilakukan oleh Amerika Serikat pada Perang Dunia II.


Dampak dari pemboman dua kota besar di Jepang mengakibatkan lemahnya kekuatan Jepang. Hal ini memunculkan semangat bagi bangsa Indonesia untuk sesegera mungkin memproklamirkan kemerdekaan.


Ke-tiga, berdirinya ASEAN (Association of South East Asian Nations) pada tanggal 8 Agustus 1967. Organisasi ini dibentuk berdasarkan Deklarasi Bangkok yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regional


Ke-empat, hari veteran nasional pada tanggal 10 Agustus. Veteran adalah orang yang pernah terlibat dalam masa perjuangan negara Indonesia melawan kolonialisme Belanda.

Ke-lima, pada tanggal yang sama yaitu 10 Agustus juga diperingati sebagai hari kebangkitan teknologi nasional (Hakteknas) yang ditandai dari penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca tahun 1995 di Bandung.


Peristiwa ini menjadi bukti bahwa Indonesia mempunyai kapasitas kemampuan dan kreativitas yang tidak kalah dengan negara lain.


Ke-enam, tanggal 12 Agustus diperingati sebagai hari wanita TNI Angkatan Udara (WARA). Organisasi ini dilandasi dari ide emansipasi wanita bahwa wanita mempunyai hak yang sama untuk memilih pekerjaan dan profesi yang diinginkan. Namun seiring berjalannya waktu, para WARA mampu membuktikan bahwa mereka sanggup melaksanakan tugas sebagaimana yang pria lakukan.


Ke-tujuh, tanggal 13 Agustus ditetapkan sebagai peringatan pangkalan Brandan Lautan Api. Peristiwa ini bermula dari para pahlawan yang membumi hanguskan pangkalan Brandan sebagai bentuk perlawanan terhadap penjajah agar pangkalan tersebut tidak menjadi milik Belanda.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline