Lihat ke Halaman Asli

Izatul Laela

Kepala Sekolah di SDN Karangsono Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan

Indahnya Berbagi di Bulan Suci: Implementasi "Peduli" MGMP IPA Kabupaten Pasuruan

Diperbarui: 15 April 2023   21:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Hari ini, Sabtu, 15 April 2023 bertepatan dengan hari ke 24 bulan suci Ramadhan MGMP IPA SMP Kabupaten Pasuruan mengadakan bakti sosial yang bertajuk "Indahnya Berbagi Di Hari Yang Suci" di SMPN 2 Wonorejo. Kegiatan hari begitu istimewa karena dihadiri oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Guru dan Tenaga Kependidikan (Kabid Dikdas GTK), Bapak H. Mohammad Syafi'I, M.Pd. Hadir juga dalam kesempatan ini yaitu Ibu Hj. Sulistyorini, M.Pd selaku koordinator MGMP IPA SMP Kabupaten Pasuruan. Dan yang selalu semangat membersamai kegiatan MGMP IPA adalah para pengurus yang sangat luar biasa.

Acara diawali dengan pembukaan yang dipandu oleh Ibu Izatul Laela, S.Si selaku tuan rumah sekaligus sebagai bagian dari MGMP IPA. Dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Bapak H. Rokhidin, S.Pd selaku kepala SMPN 2 Wonorejo. Dalam sambutannya, Pak Roi demikian sapaan akrabnya menyampaikan banyak terima kasih kepada teman-teman dari MGMP IPA SMP yang sudah mau berbagi kepada siswa-siswi di SMPN 2 Wonorejo. Sebanyak sekitar 85 siswa duduk dengan tertib mendengarkan dan mengikuti jalannya acara.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Ibu Hj. Sulistyorini selaku koordinator MGMP IPA SMP Kabupaten Pasuruan. Beliau juga mengapresiasi apa yang dilakukan oleh warga yang tergabung dalam MGMP IPA. "Ini merupakan giat yang ke sekian kalinya dilakukan oleh MGMP IPA", demikian lanjut Bu Rini, sapaan akrab kepala SMPN 3 Bangil ini.

Dilanjutkan dengan sambutan dari Kabid Dikdas GTK Kabupaten Pasuruan, Bapak H. Mohammad Syafi'I. "MGMP IPA ini seperti mottonya Yamaha, selalu terdepan", demikian Abah Syafi'I memberikan apresiasi kepada MGMP IPA atas kinerja baiknya selama ini. Saat beliau mengajak siswa-siswi SMPN 2 Wonorejo untuk membacakan Alala Tanalul Ilma yang terdiri atas 37 bait, dengan antusias siswa melafalkan dengan sangat lancar. Masya Allah. Abah Syafi'I merasa kagum atas bacaan siswa-siswi tersebut. Nadhom Alala Tanalul Ilma merupakan nadhom yang merangkum penjelasan dari kitab Ta'lim Muta'llim karya Syaikh Burhanuddin al Islal al Zarnuji tentang metode belajar, tujuan belajar, prinsip belajar, strategi belajar, dan sebagainya terkait Adab-adab Menuntut Ilmu yang secara keseluruhannya didasarkan pada moral religius agar menjadi manusia yang berkarakter baik.

Bapak Syafi'I juga memberikan motivasi kepada para siswa agar selalu semangat dalam belajar, berani bermimpi untuk menjadi "orang" yang bermanfaat bagi banyak orang. "Kalianlah kelak yang akan menggantikan kami", demikian lanjut beliau. Banyak para pejabat baik di wilayah Pasuruan maupun di luar wilayah Pasuruan seperti Sidoarjo, Lumajang yang berasal dari kalangan santri. Bahkan di Pasuruan sendiri, bupati dan wakilnya berasal dari kalangan santri. Demikian juga ketua DPRD.

Dokpri

Dokpri

Tak kalah seru, Ibu Trinil Windayati, S.Pd yang merupakan ketua MGMP IPA SMP Kabupaten Pasuruan, mengajak para siswa SMPN 2 Wonorejo untuk menyanyikan lagu karangan Abi Hasbullah, kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Gerbang Pendekar Santri. Anak-anak pun menyanyi dengan sangat antusias. Bu Trinil, demikian sapaan akrabnya, menyampaikan kepada para siswa bahwa  IPA selain memiliki arti Ilmu Pengetahuan Alam juga merupakan akronim dari Integritas, Peduli dan Amanah. "Wujud Peduli inilah yang saat ini kami lakukan, hadir di sini, di ruang laboratorium IPA SMPN 2 Wonorejo untuk berbagi", demikian lanjut Bu Trinil.

Sebelum acara berbagi, acara ditutup dengan do'a yang dibacakan oleh Bapak Abdul Qodir, S.Pd, guru SMPN 1 Purwosari yang merupakan pengurus MGMP IPA.

Acara berbagi ini biasanya dilakukan di wilayah timur yaitu di Pasrepan. Saat ini ditempatkan di SMPN 2 Wonorejo dengan total jumlah bingkisan 120 dengan rincian 85 paket untuk SMPN 2 Wonorejo dan 35 paket untuk SMPN 3 Pasrepan. Dari Pasrepan yang hadir adalah kapala SMPN 3 Pasrepan yaitu Bapak Arif Masyudi, M.Pd dan tim guru saja tanpa menghadirkan siswa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline