Lihat ke Halaman Asli

iza afkarina

pendidikan islam anak usia dini

Pengertian Talfiq, Taqlid, dan Permasalahannya

Diperbarui: 27 Oktober 2020   21:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

A. Talfiq

Talfiq berasal dari bahasa arab yang artinya merangkapkan tepi satu dengan yang lainnya. Talfiq menurut sebagian ulama'adalah mengamalkan suatu pendapat yang belum dibicarakan oleh para mujtahid. Talfiq dibagi menjadi dua yaitu talfiq dalam lebih dari satu qadliah dan talfiq dalam satu qadliah.  

B. Taqlid 

Taqlid berasal dari bahasa arab yang artinya  menghiasi atau meniru. Menurut istilah taqlid di definisikan oleh sebagian ulama' adalah meniru orang yang terhormat dalam suatu hukum yang tidak memeriksa lagi benar atau salahnya. Tetapi ada yang mengatakan taqlid adalah menerima, mengamalkan pendapat orang lain tanpa melihat basis argumentasi dan landasannya. 

C. Permasalahannya

Talfiq secara mutlak tidak ada perkataan yang dibolehkan. Tetapi tergantung pada batasan tertentu. Karena disebabkan oleh batil yang   secara dzatnya. Talfiq diperbolehlan apabila dalam keadaan darurat namun sesuai dengan ketentuan dan syarat-syarat yang ditentukan dalam kadar talfiq. Talfiq dalam keadaan dzhanni (keraguan) di perbolehkan. Karena diberlakukan sebuah ijtihad untuk sampai kepada seorang yang akan menjawab sebuah permasalahan yang ada dalam ijtihad tersebut. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline