Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa PMM UMM Mengadakan Kegiatan Perbaikan Kusen Jendela SD Muhammadiyah 5 Sukun Malang

Diperbarui: 21 Februari 2024   09:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

DOKPRI

Pengabdian masyarakat oleh mashasiswa (PMM) Mitra Dosen merupakan pembelajaran bagi mahasiswa S1 Universitas Muhammadiyah Malang yang dikembangkan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk menumbuh kembangkan empati dan kepedulian civitas akademika UMM terhadap berbagai permasalahan yang real yang dihadapi masyarakat.

Kegiatan PMM Mitra Dosen diharapkan melahirkan pribadi yang tangguh, unggul, berkepribadian mulia, serta dapat menjadi pribadi yang luar biasa ketika sudah terjun di masyarakat. Selain itu kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Kegiatan mulai dilaksanakan pada tanggal 27 Desember 2023– 31 Desember 2023 di SD Muhammadiyah 5 Sukun Malang, Jl.I.R.Rais, Tanjungrejo, Kec. Sukun, Kota Malang, Jawa Timur. Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang dilakukan oleh kelompok 118 mitra dosen yang beranggotakan Iyan Prasetyo T.K, Rasiful Aqli, Muhammad Rizqi R.,Muhammad Hilmi T., dan Achmad Adlan B. dengan Dosen Pembimbing Lapangan Faris Rizal Andardi ST.,MT., Sandi Wahyudiono ST.,MT.

Kegiatan ini dilakukan karena kondisi kusen jendela yang sudah lapuk dan rusak karena factor usia dan juga rayap. 

Pada tanggal 27 Desember 2023 dilakukan proses pengambilan kusen beserta kaca dari meubel.

Pada tanggal 28 Desember 2023 dilakukan proses pengecetan pertama untuk kusen yaitu berwarna natural white, sebelum di cat pada bagian perbadasan kaca dan kusen terlebih dahulu dikasi pembatas seperti menggunakan lakban bening atau kertas, kemudian kayu tersebut di cat dan pengecatan ini tidak dilakukan sekali, karena ketika mobilisasi dari rumah menuju SD muhammadiyah 5 malang cat tersebut belum cukup kering sehingga nantinya perlu finishing kembali.

DOKPRI

Pada tanggal 39 Desember 2023 dilakukan proses pencopotan jendela lama dan pemasangan jendela baru, jendela baru ukurannya belum pas dengan kusen, jadinya jendela tersebut perlu dipaskan menggunakan gerinda dengan cara dihaluskan hingga benar benar pas, setelah pas kemudian dipasang engselnya dari jendela ke kusen.

Pada tanggal 30 Desember 2023 dilakukan proses pemasangan accesoris pada jendela yaitu hak angin sikutan dan grendel. Dipasangan hak angin sikutan supaya jendela dapat dibuka/ sebagai penahan jendela ketika dibuka, dan dipasang grendel supaya jendela dapat dikunci.

DOKPRI

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline