Lihat ke Halaman Asli

Iyan Narendra

Communication Enthusiast

Apakah yang dimaksud dengan Jurnalisme Online?

Diperbarui: 17 Juni 2015   10:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1424968884609613196

Apakah yang dimaksud dengan Jurnalisme Online? Berikut ini adalah beberapa definisi tentang Jurnalisme Online :

1.Digital

Yang dimaksud dengan digital adalah proses menguraikan semua informasi –baik data, teks, grafis, audio, gambar atau video kedalam rangkaian angka(digit) melewati kabel atau frekuensi siaran ke tujuan dan kemudian kembali lagi ke bentuk aslinya. Semua data yang disimpan dalam bentuk bit dan tidak memiliki bentuk fisik.

Kemajuan teknologi ini mengurangi hardware atau piranti keras yang dibutuhkan, seperti mikroprosesor, dengan ukuran yang memungkinkan untuk diakses dimanapun dalam bentuk informasi digital.

2.Online

Online adalah istilah umum yang sering digunakan secara bebas untuk menggambarkan akses informasi digital, pengambilan atau Apabila sebuah surat kabar memiliki situs web untuk melengkapi edisi cetak yang diterbitkan, hal ini dapat dikatakan sebagai versi ‘online’ kertas.

3.Internet

Internet bukan terdiri dari World Wide Web. Ada kekeliruan di masa lalu antara internet dan web. Keduanya bukanlah hal yang sama. Internet adalah infrastruktur yang memungkinkan komputer untuk saling berkomunikasi lintas seluruh dunia. Sedangkan web memungkinkan orang untuk saling bertukar data, teks, gambar, grafik, audio dan video pada Internet.

Dalam internet maupun web terdapat hal yang sangat terkenal yaitu surat elektronik atau email. Web dan email adalah dua aplikasi online yang saat ini memiliki dampak paling signifikan terhadap perkembangan jurnalisme.

4.World Wide Web

Jika Anda memiliki PC dengan modem Anda dapat menghubungkannya ke Internet dan Web melalui saluran telepon. PC anda harus memiliki browser. Browser merupakan perangkat lunak yang memungkinkan anda untuk menavigasi Web dan mengakses konten-kontennya.

Salah satu hal pertama yang harus dipelajari dalam penggunakan web adalah selektif dalam memilih konten. Dalam web terdapat banyak sekali informasi yang dibuat dan dipandu oleh seseorang maupun organisasi, misalnya:

- Organisasi berita (misalnya surat kabar, televisi dan kantor berita)

- Organiasasi komersial (misalnya produsen, pengecer dan jasa keuangan)

- Organisasi dari pemerintah pusat dan daerah

- Kelompok penekan -orang yang ingin mengubah sesuatu, baik itu dibidang politik, sosial atau ekologis

- Organisasi nirlaba (misalnya amal dan komunitas)

- Jutaan orang, yang menggunakan Web untuk memberitahu dunia tentang obsesi mereka, keyakinan dan keinginan.

5.E-Mail

Internet dapat digunakan untuk menulis pesan yang akan disampaikan untuk individu atau kelompok melalui e-mail, dimana banyak situs yang kini menyediakan fasilitas ini.

E-mail memiliki beberapa kualitas yang unik:

a. Kecepatan : Kita dapat mengetik pesan dan mengirimkannya dengan sangat cepat tetapi tetap tergantung pada koneksi

b. Jangkauan : Jangkauan yang dicapai dapat berskala global tetapi tetap personal

c. Kedayagunaan : Kita juga dapat mengirimkan bagan dan grafik selain teks

d. Responsif : Kebanyakan orang masih memiliki kecenderungan untuk membaca e-mail mereka, karena sangat mudah untuk menekan kotak masuk atau keluar pesan maupun tekan kirim.

e. Fleksibelitas : Kita dapat mengirim pesan yang sama untuk sebanyak mungkin orang yang diinginkan untuk menerima pesan tersebut

f. Akuntabilitas : Kita dapat mengatur e-mailn untuk memberitahu jika email sudah diterima dan juga dibaca.

E-mail saat ini ada di mana-mana, dan tidak hanya melalui PC dan modem, Ponsel saat ini dapat digunakan pula untuk menulis email.

6.Jurnalisme

Proses jurnalistik secara luas dapat digambarkan sebagai:

a. Mengidentifikasi peristiwa, fakta, pengalaman atau opini yang mungkin menarik bagi pembaca.

b. Memperoleh informasi lebih lanjut dan pandangan untuk mengembangkan Ide dan untuk memverifikasi keakuratan dan relevansi dengan pembaca.

c. Memilih dari apa yang telah dikumpulkan, materi yang memiliki nilai dan yang menarik untuk pembaca.

d. Memberikan dan menyajikan materi secara akurat, benar dan beranekaragam yang dapat dikerahkan untuk menginformasikan, merangsang dan atau menghibur pembaca.

Apa yang membuat Jurnalisme Online unik?

1.Riset Online dan Reportase

Ketika meneliti sebuah cerita,  anda mungkin memiliki beberapa sumber informasi. Ini dapat termasuk cerita sebelumnya, dokumen asli, data mentah, siaran pers atau informasi dari individu.  Dengan menggunakan teknologi internet anda tidak perlu memikirkan jarak, banyaknya data, dan kecepatan dalam memperoleh data tersebut

2.Online sebagai media publikasi

Setelah informasi terkumpul dan diseleksi, wartawan kemudian dapat membagikannya kepada pembaca. Publikasi online terbuka dalam penyebaran informasi dan membangun hubungan yang lebih dinamis dengan pembaca, dibandingkan dengan surat kabar cetak.

3.Penyebaran Informasi

Dengan menggunakan teknologi online, penyebaran informasi atau berita yang sudah dibuat oleh wartawan menjadi sangat mudah dan cepat. Dalam hitungan detik berita tersebut dapat diakses dari seluruh dunia yang mengakses web portal berita tersebut.

4.Pengarsipan

Dalam hal pengarsipan berkas pun menjadi sangat ringkas karena seluruh berita atau data di ubah menjadi bentuk digital sehingga tidak memerlukan banyak tempat untuk menyimpan data tersebut. Berbeda jika kita masih menggunakan berkas berkas fisik. Pengarsipan sangat berguna untuk portal berita.

5.Hubungan dengan Pembaca dan Interaksi

Keuntungan lain dari jurnalisme online adalah pembaca dapat memberikan komentar-komentarnya terhadap konten berita yang ditulis oleh wartawan. Sehingga terjadi percakapan antara wartawan dengan pembaca atau pembaca dengan pembaca lainnya.

Dampak dari semua hal tersebut pada Jurnalisme

Kehadiran jurnalisme online telah menantang keutamaan berita, hubungan antara wartawan dan pembaca dan paket keterampilan wartawan sendiri. Wartawan mengatakan mereka adalah ‘arsitek informasi‘, tetapi terkadang kesulitan untuk mengakses informasi online. Tapi jurnalisme di dunia online sendiri bagaikan  gereja yang luas yang didalamnya terdapat spektrum luas-dari berita informasi, dari jurnalis investigatif ke pemaknaan isi.

Sumber : Ward, Mike. 2002. Journalism Online. Oxford: Focal Press




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline