Lihat ke Halaman Asli

Iwan Wahyudi

Founder PenulisKreatif.com dan PenerbitSatuArah.com

Manfaat Penulisan Company Profile Kreatif

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari penulisan company profile kreatif. Karena dengan penulisan company profile yang menarik ini setiap orang yang membaca akan mendapatkan gambaran umum tentang sebuah perusahaan secara lebih jelas, sigkat dan mudah dipahami.

Dulu, mungkin sebuah company profile hanya berbentuk sebuah tulisan diatas beberapa lembar kertas yang biasanya dibuat sesingkat mungkin guna memahamkan pembaca yang memerlukan informasi tentang perusahaan. Karena itu pembuatan sebuah company profile dibuat dengan uraian yang jelas karena menyangkut penjelasan tentang perusahaan secara keseluruhan.

Namun saat di era internet seperti saat ini company profile dicantumkan dalam sebuah halaman dalam sebuah website perusahaan. Ya, setiap website perusahaan wajib mencantumkan profil perusahaannya guna menjelaskan kepada pembaca yang nantinya akan menjadi calon konsumen, partner atau bahkan pemilik saham perusahaan tentang gambaran umum sebuah perusahaan.

Karena itu wajib sebuah company profile ditulis dengan cara yang kreatif. Selain dengan tujuan untuk dibaca lebih awal dari halaman lainnya dalam sebuah website perusahaan, company profile ini juga mempunyai tujuan agar selanjutnya pengunjung website dapat tertarik untuk membaca tulisan lainnya yang ada dalam website tersebut.

Untuk membuat company profile yang kreatif maka tidak ada salahnya jika pihak perusahaan menggunakan jasa penulis kreatif untuk mengerjakannya. Adapun dalam pengerjaannya diperlukan kerjasama yang baik antara pihak perusahaan dengan penulis, diantaranya menyangkut hal-hal sebagai berikut:

1.Latarbelakang Perusahaan

Penting bagi pihak perusahaan untuk memberikan informasi tentang latarbelakang didirikannya perusahaan. Karena ibarat sebuah keluarga besar yang terdiri dari banyak orang yang mempunyai fungsi dan peranan masing-masing, sebuah perusahaan tentunya mempunyai latarbelakang yang menarik untuk diketahui. Dari latarbelakang yang menarik inilah biasanya muncul visi dan misi perusahaan yang menjadi goal dan tahap-tahap pencapaian goal tersebut.

2.Visi dan Misi Perusahaan

Visi yang merupakan gambaran nyata dari cita-cita perusahaan harus bisa dijelaskan oleh pihak perusahaan dengan jelas. Karena sebuah visi adalah gambaran ideal bagi perusahaan, maka penting bagi penulis untuk memahaminya dengan benar. Dengan pemahaman yang benar tentang visi perusahaan ini tentunya ia bisa menuliskan company profile sesuai keinginan pihak perusahaan.

Sedangkan misi perusahaan yang merupakan anak tangga atau tahapan pencapaian visi tersebut juga harus diketahui oleh penulis sampai dimana pencapaiannya. Dengan pengetahuan tentang sampai dimana misi-misi perusahaan yang telah dikerjakan, maka pihak perusahaan selanjutnya bisa memberikan gambaran pada penulis tentang target perusahaan ke depan.

3.Target Perusahaan

Setiap pemilik perusahaan tentu menginginkan perusahaannya berjalan dengan dinamis. Karena itu dalam kurun waktu tertentu target perusahaan juga harus ditingkatkan sesuai visi dan misi perusahaan. Maka penting juga bagi penulis company profile untuk mengetahui target perusahaan ke depan dari pihak perusahaan. Dengan menuliskan target ini tentunya bisa menjadi penyemangat bagi setiap bagian dalam perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya. Dan mereka pun bisa mengingat target yang telah dicanangkan setiap kali melihat website perusahaan tempatnya bekerja.

4.Kelebihan Produk Perusahaan

Dalam menghadapi persaingan di pasar tentunya sebuah perusahaan mempunyai trik dan tips tersendiri yang menjadikan produknya tetap unggul dan mendapat tempat di hati konsumen. Karena itu dalam penulisan company profile penulis harus mendapatkan penjelasan tentang hal ini secara detail, sehingga penjelasan tentang kelebihan dan keunggulan produk perusahaan nantinya bisa diketahui dan dipahami oleh setiap orang pengujung.

Itulah minimal 4 point yang harus diketahui seorang penulis dalam menuliskan sebuah company profile. Dengan mengetahuinya langsung dari pihak perusahaan diharapkan seorang penulis bisa menjelaskan kepada pembaca sebagaimana yang ingin disampaikan pihak perusahaan kepada konsumen dan pihak lain yang ingin bekerjasama dengan perusahaannya. Dan jika itu bisa terwujud maka manfaat penulisan company profile kreatif akan bisa diterima oleh perusahaan.

Sumber: penuliskreatif.com

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline