Lihat ke Halaman Asli

Iwan Wahyudi

Founder PenulisKreatif.com dan PenerbitSatuArah.com

Penulis Profil Perusahaan dalam Menghidupkan Profil Perusahaan

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Ada kalanya kita perlu mengetahui bagaimana usaha seorang penulis profil perusahaan dalam menghidupkan profil perusahaan kliennya. Karena memang sejatinya sebuah perusahaan bagaikan manusia yang terdiri dari berbagai organ tubuh yang lengkap, dimana satu sama lain saling berkaitan untuk melakukan aktivitas rutin sehari-hari.

Seorang penulis profil perusahaan yang diberi kesempatan untuk menulis profil perusahaan kliennya seharusnya bisa memberikan ruh pada perusahaan yang ditulisnya. Ia harus memberikan gambaran bahwa sebuah perusahaan perlu untuk bertumbuh dan berinteraksi dengan pihak lainnya untuk makin memajukan dan meningkatkan profesionalitas perusahaan tersebut.

Ini akan memberikan daya tarik tersendiri bagi setiap orang yang membacanya. Karena dengan begitu ia akan tahu bahwa perusahaan yang ia amati saat ini adalah perusahaan yang sehat dan mempunyai perkembangan yang dinamis. Ini sebenarnya point penting yang harus ada dalam setiap profil perusahaan yang akan ditulis.

Dengan begitu memang diperlukan kerjasama yang baik antara penulis dengan pihak perusahaan. Akan lebih baik jika penulis mendapatkan cerita yang jelas dan detail tentang sejarah dan berbagai pencapaian yang telah diraih oleh perusahaan. Hal ini bermanfaat untuk dapat menyajikan penulisan sejarah perusahaan mulai awal berdirinya hingga saat ini, sehingga nantinya sang penulis bisa menjabarkan sejarah perusahaan bagaikan menuliskan biografi seseorang yang mengalami masa lahir, bertumbuh dan dewasa atau professional pada bidangnya.

Penulis profil perusahaan juga bisa menghidupkan apa yang menjadi latarbelakang, tujuan serta visi dan misi yang dimiliki perusahaan menjadi hidup dengan gaya bahasa yang enak dibaca dan dimengerti. Dengan begitu pembaca profil perusahaan ini akan merasa senang dengan bacaan yang dibacanya, sehingga tidak merasa terbebani unutk membacanya mulai halaman awal kover profil perusahaan hingga halaman kover bagian belakang. Di beberapa perusahaan bahkan tidak jarang banyak tamu yang sengaja meminta profil perusahaan seperti ini karena merasa tertarik untuk bekerjasama atau menjadi pelanggan baru.

JIka hal ini terjadi maka tugas penulis profil perusahaan dalam menghidupkan profil perusahaan bisa dikatakan berhasil. Ini adalah pencapaian yang tidak mudah, mengingat seorang penulis profil perusahaan harus lebih dulu menyelami budaya dan nilai yang ada dalam sebuah perusahaan yang ditulisnya. Budaya idan nilai ni harus menjiwai setiap detail penulisan profil perusahaan sehingga segala aspek yang akan disampaikan dapat mudah diterima oleh pembaca. Inilah upaya yang perlu dilakukan penulis profil perusahaan dalam menghidupkan perofil perusahaan yang ditulisnya.

Sumber: Penulis Company Profile

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline