Lihat ke Halaman Asli

Sedapnya Pindang Ikan Baung Palembang

Diperbarui: 26 Juni 2015   18:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Apa makanan khas Palembang? pempek, krupuk kemplang, dan tekwan. Ah, itu mah biasa. Cobalah makanan asli jangan hanya kudapan khas Palembang.

Meskipun setiap kali berkunjung ke Palembang untuk urusan pekerjaan, oleh-oleh itulah yang biasa saya bawa. Itulah pula yang dipesan keluarga dan kawan. Pempek Candy dan krupuk. Kalau sedang makan di Palembang, saya tidak pernah lupa lezatnya pindang ikan baung atau ikan patin. Sangat enak, namun saya akan ceritakan warung makan khas palembang yang menurut saya jauh lebih enak ketimbang warung lainnya. Dan murah meriah.

Ceritanya begini, sepulang dari Lahat, kami memutuskan mampir ke Palembang. Melewati Muara Enim, Prabumulih, Indralaya dan Palembang. Sepanjang perjalanan, kita disuguhi pemandangan rumah-rumah kayu yang besar dan megah seperti hotel. Sungguh sangat-sangat mengasyikkan.

Sesampai di Indralaya, tepatnya di depan kampus Universitas Sriwijaya, ada warung makan sederhana yang begitu nikmat. Sungguh-sungguh nikmat.

Nama warung tersebut adalah Putri Salju, juru masaknya bernama Syawal. Suguhan warung ini adalah Pindang Baung, Pindang Gabus, Pindang Patin, Ikan Seluang Goreng kering, Sambal dan lalapan. Tentu tak lupa krupuk ikan khas Sumsel.

Pindang ikan disini disuguhkan kepada kita dalam keadaan hangat, begitu juga sambalnya baru saja dibuat oleh penjual. Jadi, aroma dan rasa sambal yang tersaji dalam keadaan segar sungguh-sungguh nikmat. Menurut penjual, kalau sambal tidak dalam keadaan segar saat disajikan, alias sempat didiamkan, maka rasa akan berubah. Sebab, seluruh rasa sambal tidak akan bercampur rata. Bisa jadi rasa asam naik keatas dan yang lain turun kebawah sambal.

Pepes patin dihidangkan dengan aroma nanas, bercampur tempoyak durian, bumbu dan tomat yang dibungkus daun pisang muda sungguh sangat menggugah selera. Saat saya buka, dan mencicipi ikan patin langsung saja mulut saya berdecak nikmat. Rasa manis, pedas, gurih ikan patin pas sekali dengan sambal yang dibuat Sawal.

Pindang baung pun menyusul. Hmm, pindang adalah ikan didalam kuah. Bumbu dalam kuahnya begitu segar. Saya tidak tahu bumbu apa saja disana. Pokoknya pas diseruput langsung segar dan ketika masuk ke kerongkongan rasanya minta diseruput lagi.

Ah, sampai sekarang perut dan lidah saya sulit melupakan enaknya pindang baung dan pepes ikan di depan kampus Unsri. Bagi kawan-kawan yang sempat lewat, saya rekomendasikan mampir ke warung ini. Dijamin enak.

Kalau masih kuat, setelah makan ditutup kira-kira sepuluh menit, saran seorang kawan, makanlah buah durian sambil menyeruput segelas kopi hitam. Saya tidak tahu apakah ini cara menutup makan secara sehat atau tidak. Yang pasti penutupan semacam ini membuat kepala puyeng-puyeng keenakan.

Kalau anda penggemar masakan Thailand, saya kira makanan Sumsesl mirip-mirip dengan menu Thailand. Dan lebih dahysat!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline