Lihat ke Halaman Asli

Iwan Nugroho

TERVERIFIKASI

Ingin berbagi manfaat

Sempol, Makanan Unik Khas Malang

Diperbarui: 16 Juni 2016   15:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Makanan Sempol (sumber: http://im2.olx.biz.id/images_olxid/235322856_2_644x461_sempol-khas-malang-upload-foto_rev007.jpg)

Penulis akhir-akhir ini sering mikir tentang suatu jenis makanan baru, namanya sempol.  Hampir setiap hari, selalu ketemu dengan penjual sempol di depan gang dekat rumah.  Memang agak aneh namanya.  Sempol ini seperti jenis makanan lain, seperti cilok, cimol, atau sosis; suatu panganan atau camilan yang disukai hampir segala usia, khususnya anak-anak.   Makin aneh melihat bentuknya.  Sempol ini seperti sate, namun panjang tusuknya...woow yang cukup besar dan teramat panjang.

Makanan sempol dibuat dari campuran ayam giling/kornet dan tepung tapioka, yang diberi bumbu yang tentu gurih dan lezat rasanya.  Ini seperti sosis ayam atau sapi.  Campuran adonan itu kemudian dibentuk bulat panjang dan ditusukkan pada ujung bambu.  Tusuk bambu panjangnya mencapai 40 cm, sementara tepung sempol terletak diujungnya hanya sepanjang 10 cm. 

Agar siap disantap, maka sempol harus dicelupkan dulu di dalam kocokan telor ayam, dan kemudian digoreng.  Sempol goreng inilah yang nikmat rasanya, terlebih ditemani dengan saos tomat atau cabai, dan minuman teh hangat atau sari buah. 

Sensasinya adalah saat makan itu, tangan dapat kuat memegang tusuk mambu.  Begitu ujung sempol masuk di mulut dan tergigit oleh gigi, tangan dapat menariknya kuat, seperti makan sate. Istilah sempol itu sendiri bermakna paha ayam.  Bentuk adonan sempol pada ujung tusuk bambu, seperti paha ayam.  Namun kenyataannya, setelah digoreng  bentuknya hilang dan tidak jelas.

Sempol dengan tusuk bambu yang panjang (koleksi pribadi)

Pada awalnya, panganan sempol ini banyak ditemui di wilayah Malang Selatan, di sekitar Kepanjen, Sumbermanjing atau Dampit.  Tapi kini sebarannya sudah masuk ke kota Malang dan sekitarnya.  Sempol telah menjadi populer sebagai makanan khas Malang.  Penjual sempol menjajakan berkeliling dengan naik motor, di sekolah, kampus, tempat wisata atau tempat keramaian.  

Penjual keliling atau menetap menyiapkan kompor untuk menggoreng sempol.  Penjual sempol yang menetap, khususnya di tempat-tempat wisata, banyak ditemui.  Mereka biasanya menyajikan sempol bersama makanan bakso, sosis, cimol atau cilok.

Penulis sepintas berpikir, sempol ini sangat membahayakan lingkungan.  Tusuk bambu yang panjang, dan dengan ukuran besar, pasti membutuhkan ketersediaan bahan baku bambu yang melimpah.  

Di Malang Selatan atau wilayah lainnya tersedia banyak bambu.  Namun kebutuhan bambu juga untuk berbagai keperluan.  Kabarnya harga bambu di Malang cenderung naik bersamaan dengan makin populernya panganan sempol ini. Ini masih perlu dibuktikan kebenarannya.

Kalau ke Malang, jangan lupa nikmati sensasi sempol.

Malang, 16 Juni 2016




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline