Perkembangan informasi di era teknologi saat ini, telah banyak membawa perubahan di berbagai sektor terutama pada bidang jurnalisme multimedia. Adanya dampak dari teknologi informasi tersebut, semakin memudahkan seseorang untuk menyebarkan informasi yang dapat kita akses melalui internet.
Kemunculan dari berbagai platform media informasi, salah satunya seperti YouTube yang saat ini banyak digemari oleh berbagai kalangan dari kalangan anak kecil samapai orang dewasa.
Dikutip dari Kompas.com, Youtube menjadi platform media sosial yang paling banyak digunakan dalam sebulan. Dengan angka pengguna Youtube 93,8 % dari total keseluruhan pengguna internet di Indonesia yang berusia 16 sampai 64 tahun.
Kali ini penulis akan membahas salah satu channel youtube dengan meggunakan kriteria penilaian video, yaitu channel youtube Greenpeace Indonesia yang menyajikan infomasi terkait persoalan lingkungan maupun sosial dalam masyarakat.
Riview Video Channel Youtube Greenpeace Indonesia " Kita Bernafas di Udara Yang Sama, Udara Terpolusi"
Pada tahapan riview video yang berkualitas penulis menggunakan panduan kriteria penilaian, Style and organization, creativity, content, quality, spelling usage, grammar and mechanics, overall impression.
1. Style and organization
Konten video yang ditampilkan oleh Greenpeace Indonesia pada tayangan youtube dikemas dengan menarik dimana transisi selaras dengan apa yang ditampilkan. Penullis memberi nilai 3 (Very Good)
2. Creativity
Kreativitas pada tayangan video tersebut benar-benar menarik dilihat dari cara pengambilan video dengan menggunakan kamera sangat stabil, backsound pada video terdengar jelas dan semakin menambah kesan pada tayangan video. Penggunaan transisi pada video sangat sesuai pada penempatannya. Penulis memberi nilai 3 (Very Good)