Lihat ke Halaman Asli

Mohamad Kurniawan

Wirausahawan sosial bidang pendidikan dan pengembangan sumber daya insani.

Karangmloko, Clayton North, dan Taman Siswa

Diperbarui: 20 September 2017   17:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu sudut Clayton North Primary School (foto: pribadi)

                                                                                              

Gerimis di awal bulan November menambah dingin pagi itu. Melbourne, kota yang dikenal memiliki 4 musim dalam sehari (ya Anda tidak salah baca, 4 musim dalam sehari!) terasa makin kelabu. Mata yang masih berat, setelah menempuh penerbangan malam selama 4 jam dari Darwin, Australia Utara, membuat saya ingin segera menikmati secangkir kopi hangat sembari menunggu sahabat saya Muhammad Nur Rizal, penggagas Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) menjemput saya. Hari itu, dia berjanji untuk mengajak saya berkunjung ke sebuah sekolah dasar yang berlokasi di suburb Clayton, 23 km sebelah tenggara kota Melbourne.

Clayton North Primary School begitu nama sekolah tersebut. Sekolah yang telah berusia 150 tahun lebih ini, menjadi istimewa buat Rizal dan keluarganya. Tak hanya karena anak-anak mereka menempuh pendidikan di sana selama mereka tinggal di Melbourne, namun bersama istrinya, Novi  Chandra, mereka berdua memulai dan mengembangkan Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) karena terinspirasi praktek-praktek belajar mengajar yang ada di sekolah tersebut.

Sekolah-sekolah di Australia saat ini mulai mengembangkan konsep pendidikan berbasis individual (personalised based learning). Konsep ini menekankan adanya student ownership. Siswa diajak untuk menjadi aktor utama dalam proses belajar mengajar di sekolah. Alih-alih berlaku pasif dengan sekedar mendengarkan apa yang disampaikan oleh bapak ibu guru di depan kelas, anak-anak diajak aktif berpikir, bergerak, bereksperimen dan berdiskusi untuk menemukan jawaban atas materi-materi yang mereka pelajari.

Meskipun hampir semua tugas dilakukan berkelompok, namun setiap anak tetap akan diberi target atau goal sendiri terhadap satu subject atau mata pelajaran. Sesuai dengan tingkat kemampuan mereka masing-masing. Dengan tetap ada standar minimal yang diberlakukan.

Seperti tulisan pada sebuah kartu milik seorang murid bernama Sa'if.  "Sa'if Writing Goal : To write using correct spelling for words he knows". Kartu target belajar Sa'if ini tersimpan rapi di folder pelajaran menulis bersama dengan kartu teman-teman sekelasnya. Biasanya target ini berlaku selama satu term (4 bulan). Target individual ini akan dicapai melalui penugasan-penugasan yang diberikan guru kepada Sa'if di kelas.

Selain konsep personalised based learning ini, dikembangkan juga praktek penanaman karakter kepada murid-murid.  Nilai-nilai sekolah yang menjadi prioritas untuk diajarkan pada anak-anak dimasukkan dalam semua kegiatan di sekolah. Tak hanya di dalam kelas, namun juga di luar kelas. Tak hanya di guru yang bertanggung jawab pada program ini, namun semua siswa pun dilibatkan. Melalui program yang disebut buddy programme, kakak kelas menjadi semacam mentor bagi adik-adik kelasnya untuk mengajarkan nilai-nilai positif yang sudah mereka terima dan pahami dari para guru.

Pesan-pesan positif pun banyak tertempel dan tertulis di dinding baik di dalam maupun di luar  ruang kelas dalam beragam bentuk dan warna. Seperti yang menarik perhatian saya adalah terpampangnya golden rules yang berlaku di sekolah tersebut di tembok bagian luar salah satu kelas. Isinya ada 4 poin, yakni selamat datang kepada semua siswa dan guru di kelas, halaman, dan gedung sekolah (welcome all students and teachers to class, the playground and the school).

Menerima latar belakang dan budaya setiap orang di sekolah tersebut (embrace everybody's background and culture). Menghargai teman, guru dan seluruh fasilitas sekolah (respect each other, your teachers and school property). Terakhir, selalu peduli, berbagi dan jujur sepanjang waktu (be caring, sharing and honest at all times).

Golden rules di Clayton North Primary School (foto: pribadi)

Dua tahun berselang, apa yang saya saksikan, rasakan dan alami di Clayton North Primary School ternyata saya temui di sebuah SD negeri di desa Karangmloko, Sleman, Yogyakarta. Desa yang letaknya kurang lebih 10 km sebelah utara  kota Yogyakarta. SD Negeri Karangmloko 2 ini telah mengikuti program yang dikembangkan oleh Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM).

Dimulai dari menjadi anggota jejaring sekolah GSM hingga sekarang sebagai sekolah model, SD ini dibimbing dan didampingi untuk melakukan perubahan-perubahan seperti yang ada di Clayton North Primary School. Tujuannya membuat kelas menjadi lebih hidup dan menyenangkan sehingga murid-murid pun tak hanya mampu memahami konsep pelajaran dengan lebih mudah namun juga mampu mengembangkan seluruh potensi dirinya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline