Lihat ke Halaman Asli

Meita Wisnu

Mahasiswa

KKN Tematik UNEJ 42: Mengenal Potensi Desa Glingseran, Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso.

Diperbarui: 13 Januari 2023   05:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

07/01/2023- KKN (Kuliah Kerja Nyata) adalah sebuah implementasi dari salah satu tri dharma perguruan tinggi yang berbentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. Kegiatan KKN mengintegrasi pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Pada kegiatan ini mahasiswa tidak hanya dituntut untuk krisis terhadap permasalahan yang ada di desa, namun juga menggali potensi yang dimiliki oleh desa. Hal ini berlaku bagi mahasiswa yang mengikuti KKN tematik di yang tersebar di Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso dan Sekolah Kopi. KKN tematik adalah kegiatan akademik yang bersifat edukatif dengan melibatkan mahasiswa dalam kehidupan masyarakat. Kami KKN Tematik Universitas Jember kelompok 42 ditugaskan oleh Universitas Jember untuk melakukan KKN di Desa Glingseran, Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso.

Desa Glingseran merupakan suatu desa di Kabupaten Bondowoso yang terkenal dengan pertaniannya khususnya komoditi tembakau. Desa Glingseran memiliki wilayah yang luas dan terdiri dari empat dusun, yaitu Dusun Banyuputih, Dusun Ambulu, Dusun Taman Sari, dan Dusun Jatisari. Desa Glingseran memiliki total jumlah penduduk sebanyak 2146 jiwa dengan 860 Kepala Keluarga yang tercatat secara administrasi di Desa Glingseran. Mayoritas penduduk Desa Glingseran bermata pencaharian sebagai petani, tidak hanya itu banyak penduduk yang membuat kerajinan besek ikan.

dokpri

Kegiatan yang dilakukan oleh kelompok KKN 42 diawali dengan acara serah terima mahasiswa oleh DPL dan kepala camat Desa Wringin dan dilanjutkan dengan acara penerimaan mahasiswa KKN oleh perangkat Desa Glingseran. Setelah acara tersebut dilanjutkan dengan pemaparan jadwal agenda untuk minggu pertama. Agenda minggu pertama kelompok 42 difokuskan kepada pendekatan social terhadap perangkat desa dan beberapa tokoh masyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline