Lihat ke Halaman Asli

Strategi Product Marketing yang Efektif dan Menaikan Laba Bisnis

Diperbarui: 30 November 2023   10:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bagi yang berpikir bahwa peran product marketing hanya bertujuan meluncurkan produk ke pasar, sayang sekali jawaban itu kurang tepat. Pemasaran produk memiliki posisi yang krusial, mencakup strategi peluncuran produk, pengenalan, penjualan hingga kepuasan produk. Sudah jelas kalau pemasaran produk bukanlah sesuatu yang mudah. Maka dari itu, artikel ini dibuat untuk kamu yang membutuhkan sedikit bantuan mengenai bagaimana tips sukses memasarkan produk dan pentingnya menyusun rencana yang tepat. Seorang product marketer akan mempelajari produk sebelum diluncurkan ke pasar, mereka mengenalkan produk ke publik dengan menonjolkan keunggulannya. Adapun berikut adalah tugas dan tanggung jawab lainnya agar semakin paham dengan product marketer:

Berinovasi agar produk tetap up-to-date sepanjang waktu.

Evaluasi produk berdasarkan ulasan pelanggan dan data di pasar.

Mengumpulkan informasi kebutuhan dan karakteristik pelanggan melalui riset.

Memastikan produk memenuhi apa yang dibutuhkan pelanggan.

Membuat dan mengelola rancangan keuangan untuk kampanye pemasaran.

Menentukan pangsa pasar yang sesuai dengan produk.

Menentukan visi produk, road mapping dan strategi pemasaran.

Menyiapkan laporan, prediksi, analisis jangka pendek dan jangka panjang terkait penjualan produk.

Strategi Dalam Product Marketing

Cara terbaik memasarkan produk tentu dengan menyesuaikan strategi promosi berdasarkan minat pangsa pasar. Inilah kenapa product marketer wajib melakukan penelitian terhadap kebutuhan pangsa pasar sebagai langkah pertama. Terus, apa lagi setelah itu? Simak selengkapnya di bawah ini:

  • Tentukan Pangsa Pasar
  • Pertama, pahami siapa pangsa pasar yang ingin dituju. Kemudian riset mengenai kebutuhan mereka, pastikan produk kamu sesuai dengan kebutuhan tersebut. Baru setelahnya rancang strategi pemasaran yang satu frekuensi dengan kepribadian pangsa pasar.
  • Tentukan Posisi dan Pesan Produk
  • Pastinya produk kamu memiliki pesaing di pasar, tapi tak usah sedih takut kalah saing. Kuncinya, posisikan produk dan soroti keunikannya. Biar lebih mudah, jawab pertanyaan berikut untuk mengembangkan posisi dan mengetahui keunikan produk, yaitu:
  • Apa keunikan dari produk?
  • Apa yang bisa pelanggan dapatkan dari produk kamu dan tidak ditawarkan oleh produk pesaing?
  • Apa keuntungan pelanggan menggunakan atau berinvestasi pada produk?
  • Apa yang menjadikan produk lebih unggul daripada produk pesaing?
  • Apakah fitur produk sesuai dengan kebutuhan pangsa pasar? Jika iya, mengapa?
  • Tetapkan Tujuan/Sasaran Produk
  • tentukan tujuan produk secara spesifik. Tujuan tiap produk akan berbeda-beda, karena dipengaruhi oleh spesifikasi produk, jenis perusahaan dan tujuan pemasaran
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline