Lihat ke Halaman Asli

Ivonie

Penulis

Pentingnya Edukasi Perbankan Agar Terhindar Dari Pengalihan Kredit

Diperbarui: 16 November 2023   21:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 sumber gambar : iStockphoto

Saat akan memulai usaha yang perlu diperhatikan biasanya mengenai modal. Beberapa orang memulai usaha dengan modal pinjaman baik ke orang tua, saudara ataupun pihak perbankan. Untuk kebutuhan modal yang kecil bisa pinjam ke keluarga terdekat. Lain halnya kalau butuh modal besar, biasanya orang akan berpikir untuk meminjam pada pihak perbankan dengan perjanjian kredit.

Saya sendiri pernah memulai usaha penerbitan buku bareng pasangan dengan modal seadanya sesuai kemampuan finansial kami. belum sempat terpikir untuk meminjam pada pihak perbankan untuk mengembangkan usaha tersebut. Namun berbeda dengan pengalaman teman yang memulai usahanya dengan mengajukan pinjaman pada pihak bank. Secara butuh modal besar untuk membangun usaha kos-kosan dengan jumlah kamar banyak.

Namun sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman pada pihak perbankan, pentingnya edukasi perbankan agar tidak timbul masalah di kemudian hari. Apalagi yang baru pertama kali meminjam dana ke perbankan untuk modal usaha.Banyak kasus orang yang meminjam dana untuk modal namun berakhir dengan gagal bayar sehingga pentingnya memperhatikan beberapa hal sebelum meminjam dana pada pihak perbankan.

Hal - Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Peminjaman Dana Pada Pihak Perbankan

Pastikan bank yang dipilih untuk melakukan pinjaman kredibiltas dan track record-nya bagus. Agar saat memutuskan pinjam ke bank tersebut tidak terjadi masalah

Menentukan jumlah pinjaman, biasanya kalau untuk modal usaha memang lebih besar yang akan dipinjam bila dilakukan pinjaman pada pihak perbankan.

Pastikan memiliki informasi yang cukup mengenai pinjaman yang ditawarkan. Bank akan menawarkan beberapa jenis pinjaman, besarnya bunga dan jangka waktu serta mekanisme pembayaran

Perhatikan kemampuan untuk membayar pinjaman tepat waktu. Agar tidak terjadi gagal bayar atau kasus cassie.

Perhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku saat akan menandatangani perjanjian pinjaman pada pihak perbankan. Hal itu perlu dipahami agar kedepannya tidak terjerat aturan yang dapat menyulitkan.

Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan melakukan pinjaman dan pada pihak perbakan, agar tidak terjadi kasus seperti yang dialami oleh Setyawan nasabah bank CIMB Niaga yang mengalami cassie. Saya sendiri baru memahami maksud dari cassie di sini suatu perjanjian pengalihan piutang banyak dipergunakan oleh pihak perbankan karena merupakan suatu cara untuk mengalihkan hak tagih kepada pihak lain dan atau pihak ketiga untuk menjamin fasilitas kredit atau dana yang diberikan oleh bank.

Jangan sampai hal tersebut terjadi ya, jadilah peminjam yang cerdas agar proses pinjaman dana berjalan lancar hingga pelunasan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline