Lihat ke Halaman Asli

Peran Penting Shin Tae Yong Terhadap Pencapaian Semifinal Timnas Indonesia di Piala AFC Asian Cup Qatar 2024

Diperbarui: 16 Mei 2024   18:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Abstrak

                Piala Asia FIFA 2024 di Qatar yang didelenggarkan pada tanggal 15 April hingga 3 Mei  menyajikan panggung global bagi para pelatih sepakbola untuk memperlihatkan kemampuan mereka dalam mengelola tim nasional. Salah satu pelatih yang menarik perhatian adalah Shin Tae Yong. Shin Tae-yong adalah mantan pemain sepak bola berkebangsaan Korea Selatan yang kini menjadi pelatih tim nasional Indonesia. 

Sebelumya Coach Shin pernah menjadi Pelatih Korea Selatan pada Piala Dunia 2018. Shin Tae-yong mulai menjadi pelatih timnas Indonesia pada Januari 2020. Membawa dampak yang besar terhadap pencapaian Timnas Indonesia terbukti dengan adanya kemempuan Timnas Indonesia yang dapat  maju dalam semifinal piala  AFC u23 ASIAN CUP QATAR 2024. 

Indonesia merupakan pertama kali mengikuti kompetisi level Asia U-23 yang telah 6 kali digelar ini, berhasil menjadi runner-up Grup A dan berhak lolos ke fase gugur 8 besar dengan torehan 6 poin hasil dari sekali kalah melawan tuan rumah Qatar, Indonesian menang dua kali melawan Australia dan Yordania. Dalam sejarah dan pada periode Shin Tae yong Timnas Indonesia mencapai prestasi tersebut.   

Kata kunci : Shin Tae Yong,Timnas Indonesia,pencapaian

                Piala Asia AFC (Advance Fire Fighting) atau AFC Asian Cup atau sering disebut Piala Asia adalah turnamen sepak bola yang diselenggarakan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).  Negara Indonesia ini adalah yang kelima kalinya berpartisipasi di turnamen sepak bola terbesar di kawasan Asia itu. namun hanya empat kali lolos melalui babak kualifikasi dan sekali sebagai tuan rumah. 

                Berikut lima negara di Asia Tenggara yang pernah lolos ke putaran final Piala Asia U-23, yaitu Myanmar, Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Indonesia. Timnas muda Indonesia baru pertana kali lolos ke putaran final (Finaka, 2024). pada tahun 2024 di Qatar dan dalam periode pelatih shin tae yong mereka mendapatkan pencapaian tersebut.  

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mendapat apresiasi tinggi dari pelatih Malaysia, Kim Pan Gon, atas kontribusinya yang positif untuk squad garuda. . Kim Pan Gon menyampaikan pujian kepada rekan senegaranya yang sebelumnya menangani timnas Vietnam, Park Hang-seo. (Indonesia, 2024). (Ariefana, 2024) 

                  Kim Pan Gon mengatakan Pelatih Korea memiliki keunggulan daripada pelatih jepang sehinjgga berkembang di indonesia. Namun, pujian tersebut berada dalam kontras dengan pandangan beberapa pihak di Indonesia terkait kualitas Shin Tae-yong. Kritik datang dari pengamat sepak bola, Tommy Welly, atau yang dikenal dengan Bung Towel Ia menyoroti keputusan kontroversial yang sering diambil oleh Shin Tae-yong, terutama terkait program naturalisasi. 

Namun pendapat bung towel tersebut dipatahkan oleh pembuktian Shin Tae Yong dalam pertandingan piala ASIAN CUP QATAR 2024.  Pelatih asal korea  tersebut  yang telah menjadi pilar dalam membangun prestasi timnas Indonesia. Dengan gaya strategisnya yang terkenal, Shin Tae Yong telah menjadi kunci dalam mengarahkan tim menuju babak semifinal, menorehkan prestasi luar biasa dalam perjalanan mereka. Dalam pertempuran ini, ekspektasi dan tekanan bertemu dengan keberanian dan visi, menciptakan momen yang tak terlupakan untuk sepak bola Indonesia.
bagaimana kah shintaeyong membawa indonesia hingga maju pada piala Asia dalam semifinal qatar 2024?  Artikel ini akan membahas tentang peran penting pencapaian timnas indonesia pada periode shin tae yong
 
                  Menurut saya pelatih berpengaruh untuk timnya karna pelatih mengajarkan,mempraktekan,dan menerapkan dalam pelatihan yang mempunyai pengaruh dalam kebiasaan yang terealisasi pada aktivitas timnya sehingga masalah pada tim sepak bola pelatih akan bertanggung jawab penuh dalam pengambilan keputusan untuk mencapai hasil yang terbaik.  
Metode penelitian kualitatif dapat melibatkan teknik seperti wawancara dengan pemain, pelatih, atau staf timnas Indonesia, observasi langsung saat pertandingan, analisis konten dari wawancara atau laporan resmi, dan juga studi kasus untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang kontribusi Shin Tae Yong. dalam mengikuti pertandingan di Qatar shin Tae yong pasti menyiapakan Timnas sebelum pertandingan dengan Latihan ringan untuk menjaga kebugaran tubuh sebelum tampil di liga perdana. 

Apa saja strategi yang diterapkan timnas Indonesia untuk maju hingga olimpiade menurut Sumardji Manajer Timnas tentu yakin kita sudah mempersiapkan dengan maksimal tidak boleh meremehkan tim lawan yang menjadi point terpenting adalah kesiapan rpara pemain sendiri untuk bisa mendapatkan hasil maksimal. (TV, 2024) Menurut saya, pasti Shin tae yong dan tim pasti sudah menganalisi strategi tim lawan agar mengantisipasi perlawana tersebut. sebelum ajang pertandingan di Qatar Timnas Indonesia betolak ke Dubai Uni Emirat Arab pada senin (1/4) untuk menjalani pemusatan Latihan selama 10 hari. Pada hari minngu kita akan berkumpul dan hari senin kita bberangkat ke Dubai. (Shaddam, 2024)  
        

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline