Lihat ke Halaman Asli

iva umu maghfiroh

Mahasiswa Universitas Terbuka

Feminisme adalah Penyimpangan

Diperbarui: 19 Agustus 2024   23:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Feminisme adalah Penyimpangan!

Cover

https://pixabay.com/id/photos/feminis-berbaris-protes-wanita-4700823/

"Benarkah feminisme adalah sebuah penyimpangan?" Merupakan pertanyaan yang diajukan oleh seorang warganet di salah satu komunitas di platform media sosial X beberapa waktu yang lalu. Warganet tersebut mengaku bahwasanya pertanyaan itu dilandasi oleh penuturuan guru sosiologi di sekolah menengah tempatnya menempuh pendidikan.

Pertanyaan ini kemudian menyulut reaksi berbeda-beda dari warganet lainnya hingga berujung menjadi perdebatan panjang yang penuh dengan pro dan kontra. Pihak yang pro terhadap pertanyaan ini melandasinya dengan bagaimana feminisme berpihak bukan hanya kepada perempuan tetapi melebarkan sayapnya ke arah perjuangan gender dan kaum minoritas lainnya (dalam hal ini LGBTQ) yang dianggap menyimpang dari sudut pandang keyakinan tertentu. Ada pula yang beranggapan bahwasanya feminisme telah membuat perempuan memasang standar tinggi kepada pasangannya, mau menang sendiri bahkan sampai membuat konten menolak menikah sebagaimana yang baru-baru ini viral yaitu 'Marriage is scary'.

Sementara di sisi lain pihak yang kontra dengan pernyataan tersebut secara terbuka menyampaikan kekecewaannya terhadap guru dari warganet tersebut. Terlebih beliau yang merupakan seorang guru sosiologi dianggap terlalu terburu-buru dan dangkal dalam menilai sesuatu. Pun dalam mempelajari sosiologi, rasanya kurang etis bila kita hanya melihat sesuatu berdasarkan norma dan nilai pribadi. "Atas landasan apa sang guru bisa mengambil kesimpulan bahwasanya feminisme adalah sebuah penyimpangan? Penyimpangan dalam hal apa? Fenomena apa yang sedang dijadikan landasan penelitian? Dan dalam sudut pandang atau teori apa sesuatu itu dilihat?"

Namun sebelum ikut marah-marah, ada baiknya kita mencoba melihat hal ini dari sudut pandang lain. Mencoba berpikir positif dan tidak langsung menyerang sang guru.

Apa itu feminisme?

Sama seperti isme-isme lainnya, feminisme merupakan salah satu dari banyak cabang sosiologi. Teori ini pada awalnya muncul sebagai reaksi atas ketidakadilan gender yang dialami perempuan baik dalam hak ekonomi, politik maupun sosial. Feminisme sendiri terus berkembang dari tahun 1960an hingga hari ini dengan berbagai cabang yang masing-masing mengfokuskan perjuangannya pada hal-hal yang lebih spesifik dan berbeda seperti feminis liberal, feminis radikal, feminis marxist, ekofeminis dan lain-lain.

Melihat sejarah feminisme yang memang lahir dari reaksi perasaan ketidakadilan pengalaman perempuan, agaknya tidak terlalu keliru ketika feminisme di sebuat sebagai penyimpangan. Namun, jelas bahwa dalam pernyataan si guru dari warganet tersebut bukanlah mengarah ke sini melainkan penuh tendensi ke arah yang berbeda.

Penyimpangan Sosial

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline