Lihat ke Halaman Asli

Ivan Saputra

Communication Student at Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Mengintip Kondisi Dinamika Industri Film Rasaksa Dunia: Universal Pictures Amerika

Diperbarui: 14 September 2024   11:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 IMDb

Nama Universal Pictures sudah tidak asing di telinga masyarakat dunia terutama bagi pecinta film barat khususnya Amerika. Menurut www-universalpictures-com, Universal Pictures berdiri sejak April 1912 diusung oleh 9 orang yaitu Carl Laemmle (diucapkan "LEM-lee") berkebangsaan Jerman, Mark Dintenfass, Charles O. Baumann, Adam Kessel, Pat Powers, William Swanson, David Horsley, Robert H. Cochrane, dan Jules Brulatour.

Hingga hari ini Universal Pictures memiliki beberapa anak Perusahaan seperti Universal Filmed Entertainment Group (UFEG), DreamWorks Pictures, Illumination Entertainment, Focus Features dan beberapa berfokus pada acara televisi. Film yang diproduksi pun terbilang sukes dan banyak disukai orang.

Hingga kini setidaknya sudah ada lebih dari 10 film Universal Pictures yang masuk ke dalam box office. Menurut data dari IMBD, Film box office seperti Jurrasic World (2015), Furios 7 (2015) Jurrasic World: Fallen Kingdom (2018), The Fate of The Furios (2017), Minions (2015), Jurrasic Park (1993), Despicable Me 3 (2017), Despicable Me 2 (2013) dll telah memberi keuntungan puluhan milliar USD kepada Universal Pictures.

Hasil luar biasa tersebut tidak terlepas dari kerja keras aktor dan pemain film didalamnya. Sebut saja pemeran tokoh utama di film Jurrasic world, Chirss Pratt & Bryce Dallas. Akting yang natural serta penuh emosional menjadikanya aktor yang berpengaruh pada Universal Pictures.

Aktor berpengaruh juga di didapatkan oleh Vin Diesel, Paul Walker, Dwayne Johnson dari film Furious 7 dan beberapa seriesnya. Film action yang sangat populer tersebut berhasil mengguncang emosi penonton berkat alur cerita, editing dan akting para aktor yang sungguh sungguh dalam memainkan peran.

Peranan aktor dan prestasi film box office tidak akan berjalan tanpa arahan dan tuntunan dari sutradara film yang cerdas. Sebut saja Colin Trevorrow sutradara dari Jurrasic World (2015) dan James Wan dari film Furious 7 (2015). Kecerdasan dan kreativitas mereka dalam menjadi sutradara film membawa pengaruh besar bagi Universal Pictures.

Kompasiana

Layaknya perusahaan lainnya, Universal Pictures tentunya memiliki pesaing tersendiri. Kelebihan dan kekurangan menjadi suatu hal yang menjadi tolak ukur kualitas suatu Perusahaan film. Faktanya Universal Pictures bukanlah satu satunya perushaan film yang eksistensinya terkenal di Amerika. Menurut IDNTimes setidaknya di Amerika sendiri ada 5 perushaan film besar yang dapat disandingkan dengan Universal Pictures. Studio Paramount Picture, Walt Disney Pictures, Warner Bros, Columbia Pictures dan 20th Century Fox yang terlihat aktif di Amerika saat ini. Keberadaan Perusahaan film lain tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Universal Picture dalam berdinamika.

Perusahaan-perusahaan film tersebut memiliki kelebihan, kekurangan serta keunikan sendiri sendiri. Sebut saja Walt Disney yang lebih berfokus pada kartun dan 2 dimensi dari pada aktor sungguhan, atau Warner Bross yang banyak memproduksi film superhero dan fiksi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline