Lihat ke Halaman Asli

M.Ivan Wahyu Pratama

Destinasi Pariwisata Universitas Airlangga

Semarak Maulid NabiI: Desa Klinterejo Gemuruh Sholawat dengan Meriah

Diperbarui: 3 Oktober 2024   09:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Maulid Nabi Desa Klinterejo/dok. pri

Penyelenggaraan maulid nabi di Desa Klinterejo sangat meriah dengan dihadirinya banyak masyarakat serta ulama bahkan dari luar Desa Klinterejo juga turut hadir. Kegiatan maulid nabi dilaksanakan bergilir dari satu masjid ke masjid selanjutnya, acara dimulai setelah sholat isya' sampai pukul sembilan malam. 

Runtutan acara dimulai dari pembukaan yang dilakukan oleh takmir masjid yang ada di Desa Klinterejo, setelah itu pembukaan bacaan Asyroqol oleh ulama masjid setempat, lalu pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an, sambutan-sambutan, mahalul qiyam, mauidhotul hasanah, kemudian ditutup oleh do'a. 

Masyarakat Desa Klinterejo sangat bersemangat dalam memperingati kegiatan maulid nabi, sholawat terus dikumandangkan dari sebelum acara hingga akhir acara. Banyak keunikan dari terselenggaranya maulid nabi di Desa Klinterejo yakni pada saat sebelum mahalul qiyam masyarakat berebutan untuk mengambil cerentelan jajan-jajan desa serta hasil bumi lainnya bahkan terdapat lemparan uang receh yang banyak diperebutkan oleh anak-anak. Menurut masyarakat Desa Klinterejo, hiasan cerentelan dibuat agar ramai yang datang serta mendatangkan semangat bagi masyarakat desa.

Maulid nabi yang diselenggarakan di Desa Klinterejo menumbuhkan semangat baru bagi masyarakat desa serta luar desa. Hal ini bisa dijadikan sebagai pembelajaran bentuk sosialisasi kepada masyarakat, pembelajaran agama dan sejarah Nabi Muhammad SAW.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline