Lihat ke Halaman Asli

Ivan Prapanca Wardhana

Terhibur Karena Menulis

UKM Mapala Univet Bantara Peringati Hari Donor Darah Sedunia

Diperbarui: 15 Juni 2022   09:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rektor Univet Bantara menjalani test screening sebelum melakukan donor darah (Foto: Biro Humas Univet Bantara)

Sukoharjo - Univet Bantara. Memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh pada hari Selasa (14/6), Unit Kegiatan Mahasiswa Mahasiswa Pecinta Alam Gema Arga Nusa (UKM MAPALA GAN) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) bekerjasama dengan PMI Kabupaten Sukoharjo menyelenggarakan kegiatan donor darah dengan tema "Setetes Darahmu, Sejuta Manfaat Untukku". Kegiatan donor darah kali ini dilaksanakan di Wisma Widya Karya Dharma Auditorium Univet Bantara Sukoharjo.

Ketua Panitia Kegiatan Donor Darah, Mella Rizki menyampaikan bahwa kegiatan donor darah ini merupakan acara rutin yang dilakukan UKM Mapala Gema Arga Nusa, kegiatan pada hari ini merupakan kegiatan yang ketiga kalinya di tahun ini.

"Harapannya dengan diadakan acara donor darah ini dapat memacu semangat dari mahasiswa dan masyarakat umum agar hidup sehat dengan melakukan donor darah secara rutin." tuturnya

Rektor Universitas Veteran Bangun Nusantara, Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum. juga turut berpartisipasi melakukan donor darah serta mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai kegiatan yang membanggakan dan perlu didukung, karena dapat menumbuhkan serta menunjukkan jiwa sosial kepada masyarakat. 

"Kami berharap kedepan nanti semua dosen, karyawan, mahasiswa turut juga turut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah tersebut, selain kita menyemangati mahasiswa yang telah menyelenggarakan kegiatan donor darah. Kami akan selalu mendukung kegiatan sosial seperti ini supaya terus berjalan, selain menumbuhkan jiwa sosial juga sebagai sarana kita untuk selalu berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia." pungkasnya.

Total pendaftar kegiatan donor darah di Univet Bantara ini sebanyak 51 calon pendonor. Kegiatan donor darah ini berhasil mengumpulkan 38 kantong darah yang diambil dari pendonor yang telah lolos tahap screening. Sebelumnya para calon pendonor diperiksa kesehatannya baik itu kadar HB, tekanan darah maupun cek kesehatan lainnya karena dapat mempengaruhi kualitas darah yang didonorkan.

Salah satu peserta yang baru pertama kali mengikuti donor darah, Tofik seorang mahasiswa dari PGSD terlihat cukup tegang walaupun sudah memenuhi persyaratan kesehatan. 

"Kesan pertama kali donor darah itu sedikit tegang karena yang ada di pikiran kalau suntik donor darah itu besar, tapi ketika sudah dicoba ternyata tidak terasa apa-apa. Semoga kegiatan positif seperti ini bisa dijadikan kegiatan rutin", ujarnya.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline