Lihat ke Halaman Asli

Ivan Hartana

Applied Mathematics Student at Parahyangan University

Terima Kasih Mitokondrianya, Bu

Diperbarui: 26 Agustus 2017   00:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

cs.mcgill.ca/~rwest/wikispeedia/wpcd/wp/m/Mitochondrion.ht

Haiii kawann terima kasih ya atas kunjungannya di artikelku ini. Nahhh kali ini saya mau membagi info untuk kalian tentang keunikan mitokondria dari seorang Ibu. Yukk langsung aja..

Kita mulai dari sel. Sel merupakan unit terkecil yang mendasari kehidupan dalam. Fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. Oleh sebab itulah, sel dapat berfungsi secara autonom jika seluruh kebutuhan hidupnya telah terpenuhi. Di dalam tubuh manusia, telah dikenali sekitar 210 jenis sel. Sebagaimana organisme multiselular lainnya, kehidupan manusia juga dimulai dari sebuah sel embrio diploid hasil dari fusi haploid oosit dan spermatosit yang kemudian mengalami serangkaian mitosis.

Makhluk hidup (organisme) tersusun dari satu sel tunggal (uniselular), misalnya seperti bakteri, Archaea, serta sejumlah fungi dan protozoa) atau dari banyak sel (multiselular). Pada organisme multiselular terjadi pembagian tugas terhadap sel-sel penyusunnya, yang menjadi dasar bagi kehidupan.

Struktur sel dan fungsi-fungsinya hampir serupa untuk semua organisme, namun jalur evolusi yang ditempuh oleh masing-masing golongan besar organisme (regnum) juga memiliki kekhususan sendiri-sendiri. Sel-sel prokariota beradaptasi dengan kehidupan uniselular sedangkan sel-sel eukariota beradaptasi untuk hidup dapat saling bekerja sama dalam organisasi yang sangat rapi tersebut.

Sejarah Penemuan Sel

Pada awalnya sel ditemukan pada tahun 1665 oleh seorang ilmuwan Inggris Robert Hooke yang telah meneliti irisan tipis sel gabus dari dinding sel tumbuhan melalui mikroskop yang dirancangnya sendiri berupa ruang kecil kosong (sel). Kata sel berasal dari kata bahasa Latin cellula yang berarti rongga/ruangan.Kemudian Antonie van Leuwenhoek yang mengamati sel hidup dan menyimpulkan ciri sel hidup adalah sel yang mempunyai inti sel dan memiliki energinya dari sitoplasma. Selanjutnya adalah R. Brown yang menemukan nukelus pada sel tanaman anggrek. M.Sleiden dan T.Schwan menyimpulkan bahwa sel merupakan unit dasar kehidupan makhluk hidup. Dan R.Virchow yang membahas tentang sel yang bersal dari sel sebelumnya karena sel membelah diri.

Pengertian Umum Mitokondria

Setiap makhluk hidup memiliki ukuran yang berbeda-beda. Semakin besar ukuran organisme tersebut, maka sel penyusunnya semakin banyak. Tubuh kita tersusun atas bermilyar-milyar sel. Sel tersebut didefinisikan sebagai unit struktural dan fungsional terkecil yang menyusun makhluk hidup. Dalam menjalankan fungsinya, sel dilengkapi dengan bagian-bagian sel yang disebut dengan organel. Salah satu organel yang penting dalam sel adalah mitokondria.

Mitokondria adalah organel tempat berlangsungnya fungsi respirasi sel makhluk hidup, memproduksi energi dalam bentuk ATP dan fungsi selular lain, seperti metabolisme asam lemak, homeostasis kalsium, biosintesis pirimidin, transduksi sinyal selular dan penghasil energi berupa adenosina trifosfat pada lintasan katabolisme sehingga mitokondria sering disebut sebagai pembangkit energi bagi sel (Power House)

Mitokondria ditemukan sekitar tahun 1850 oleh Kollicker. Kollicker berkesimpulan jika granula adalah struktur bebas dan tidak langsung berhubungan dengan struktur sitoplasma lainnya menurut pengamatannya. Ia mengenalkan istilah Mitokondrion (Yunani : Mito = Benang dan Chondrion = Granula) untuk granula ini, karena kenampakan granula ini menyerupai benang yang dilihat dengan mikroskop cahaya.

Mitokondria memiliki dua lapis membran, yaitu membran luar dan membran dalam. Membran dalam mengalami invaginasi masuk matriks mitokondria. Kedua membran tersebut membentuk kesatuan struktur membran, meskipun masih ada yang ragu akan kesatuan ini. Permukaan dalam dari membran dalam memiliki tonjolan ke arah matriks organela, pada ujungnya berbentuk seperti knop dengan tangkap dibagian bawahnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline