Lihat ke Halaman Asli

Ivan Fauzi Hartanto

Mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN

Area Kost Anak PKN STAN

Diperbarui: 11 Maret 2021   08:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Hay... Hay... Hay.... Sobat, ternyata banyak juga dari kalian yang penasaran tentang kost yang ada di kawasan PKN STAN. Aku sangat apresiasi sih ke kalian yang penasaran, karena dari rasa penasaran tersebut, kalian sudah menunjukkan satu tekat kuat di dalam diri kalian untuk menjadi bagian dari Ali Wardhana Muda, salah satu julukan yang disematkan untuk mahasiswa PKN STAN. Di sini, sebenarnya yang bakal kutulis adalah informasi tentang harga kost, fasilitas, dan sarana-prasarana penunjuang yang ada di area masing-masing kost secara umum ya Guys. Jadi, dalam tulisan ini, tidak ada afiliasi sama sekali dengan satu kost-kost an tertentu. 

Oke, dimulai dengan area yang ada di sekitar kampus ya. Ada sekitar 6 area yang mengitari Kampus PKN STAN. Area-area tersebut dimanfaatkan oleh penduduk sekitar sebagai kawasan kost mahasiswa/i. Selain itu, bangunan di beberapa area juga banyak dimanfaatkan untuk kegiatan komersial penunjang seperti warung, laundry, toko ATK, foto kopi, dll. Nah berikut ini adalah ke-6 area yang ada : 

1. Kalimongso 

Kalimongso adalah kawasan yang berada di area timur sampai ke timur laut kampus. Area ini adalah area yang paling ramai oleh mahasiswa, karena dianggap memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Apalagi didukung kenyataan bahwa area ini sangat dekat dengan kampus. Jika dari kalimongso, ada dua gerbang yang bisa di gunakan untuk akses menuju kampus, yaitu gerbang kalmong (Kalimongso) dan gerbang gangset (Gang Setia). Di Kalimongso, ada satu tempat makan yang terkenal dan sangat ramai, yaitu KFC (Kalimongso Food Court). Jangan dibayangkan seperti food court di Mall ya, hehehe. Sebenernya KFC ini kayak tempat, gabungan dari beberapa warung aja sih hehehe. Kelebihan kost di sini adalah seperti tadi yang udah di bahas, fasilitas sangat lengkap. Mulai dari Foto Kopi, Laundry, Abang Galon, Toko Kelontong, Warung, semuanya ada. Bahkan banyak mahasiswa Non-Kalmong yang melancong ke negeri ini untuk berbelanja. Kelemahannya adalah, berhubung ini kawasan perkampungan yang sangat padat, jadi area ini ya sangat sibuk gitu. Terus kan gang-nya banyak yang sempit nih (Terutama daerah Kalimongso bawah), sehingga jika kalian ada kendaraan, kurang cocok aja kalau kost di sini. Kalau kalian anak indie yang suka menyendiri, siap-siap aja, kawasan ini tidak bersahabat buat kalian hehehe. Oh iya, tiap malam senin di sini ada pasar dadakan loh. 

2. PJMI

Kawasan ini ada tepat di sebelah timur Kalimongso. Jadi, kalau mau ke kampus, ya harus melalui kalimongso dulu, atau jika kost-nya ada di sekitar selatan PJMI, bisa lewat gerbang utama. Ehm, tenang saja, gak terlalu jauh kok, masih relatif dekat dari kampus. Di sini areanya lebih damai dibandingkan dengan kalimongso, karena kawasan perumahan. Untuk fasilitas, kebanyakan warung, laundry, dan barber sih heheh. Dan dari segi kuantitas, fasilitas-fasilitas kayak gitu lebih banyak di Kalimongso deh kayak e, sehingga banyak masyarakat mahasiswa PJMI yang melancong ke Kalimongso untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kawasan PJMI ini banyak sekali bisnis-bisnis bimbel Guys, dan biasanya anak PKN STAN mendaftarkan diri jadi tentor di bimbel tersebut. Ada Newtonsix, Priority, Stannite dan beberapa lagi (lupa heheh). Kalau kost di sini, nama-nama jalannya pake nama-nama hewan guys. Jadi kalau memberi alamat, kalian akan bilang "DI IKAN TERBANG PAK KOST SAYA".

3. Sarmili 

Nah kalau yang ini udah beda kawasan Guys, karena ada di barat kampus. Jauh sih kalau mau main ke PJMI dan Kalmong. Apalagi kalau malam, kampus sudah tutup, harus muterrrr dulu se-kilo-meter-an. Biasanya sih kalau di sini terkenal dengan "Kawasan Kebun Binatang", karena banyak sekali hewan di sini, mulai dari semut, kucing, tikus, kecoa, ayam, nyamuk, dll. Jadi bagi kalian yang cinta binatang, kalian bisa kost di kawasan ini. Kalau aku boleh share my opinion, Sarmili ini kembarannya Kalmong. Banyak juga fasilitas sarana dan prasarananya (walaupun tidak sebanyak kalmong), tetapi juga kawasan yang sangat ramai dengan berbagai gang (tetapi tidak seramai kalmong). Kalau kalian kost di Sarmili, kalian bisa lewat gerbang MBM, gerbang Sarmili, dan gerbang Ceger. 

4. Pondok Jaya (Ponjay)

Kalau kawasan Pondok Jaya (Ponjay) berada di depan kampus Guys. Ini termasuk kawasan yang paling elite diantara kawasan yang lainnya. Jika kalian anak yang suka dengan kesendirian, bisa kost disini. Karena di sini, kawasannya sangat damai, banyak pohon-pohon, dan juga sepi. Jika kalian punya kendaraan, kost disini sangat direkomendasikan. Kelemahan dari Ponjay adalah sangat minimnya fasilitas penunjang. Jarang ada warung, tempat foto kopi, toko ATK, dll. Terus akses ke kampus juga tidak sedekat kawasan-kawasan sebelumnya, terutama jika kostnya ada di kawasan-kawasan ujung. Jika kost di sini, untuk menuju kampus harus lewat gerbang utama di depan. 

5. Puyuh, Puter, Perkici

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline