Lihat ke Halaman Asli

Sensasi "Nikmat" Secangkir Kopi

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik


Kopi memiliki sensasi "nikmat" yang bisa membuat banyak orang kecanduan. Disajikan panas atau dingin, rasanya tetap menggoda. Tak peduli pria atau wanita, muda atau tua, semua menggemari cita rasanya.

Kopi mengandung kafein yang berkhasiat menahan kantuk dan dapat menyegarkan tubuh. Kafein merupakan zat yang juga bisa menimbulkan perangsangan terhadap susunan pusat saraf, sistem pernapasan, pembuluh darah dan jantung.

Selain kenikmatan rasa, kopi juga bisa menjadi 'alat' bersosialisasi dengan teman, keluarga, dan kolega. Menikmati segelas kopi di kafe nan nyaman, sembari melepaskan kelelahan sembari berbincang - bincang ringan, menjadi pilihan banyak eksekutif muda setelah lelah bekerja di kantor. Alhasil, warung tenda sampai kafe pusat perbelanjaan dan hotel mewah yang menawarkan kopi sebagai sajian utama, tumbuh menjamur di berbagai tempat.

Salah satu kafe khusus kopi yang populer di beberapa negara termasuk Indonesia adalah Starbucks Coffe. Kafe starbucks pertama didirikan di Seattle, Amerika Serikat pada 1971. Pendirinya adalah Jerry Baldwin, Zev Siegel, dan Gordon Bowker. Pada mulanya mereka menggunaka nama Il Giornale karena terinspirasi sebuah bar espresso di Italia.

Lalu pada 1982 Howard Schultz bergabung dengan trio pendiri tersebut, dan akhirnya 5 tahun kemudian Howard menguasai kepemilikan kafe ini dan mengganti namanya menjadi Starbucks.

Di Indonesia Starbucks juga sudah tersebar di beberapa kota, termasuk Jakarta, Bogor, Surabaya , Depok, Bandung, Medan , Bali, Yogyakarta dan banyak daerah lainya. Selai pusat - pusat perbelanjaan, beberapa gerai berlokasi di gedung perkantoran. Secara berkala Starbucks meluncurkan produk - produk baru dengan pilihan rasa yang sangat variatif, seperti paduan rasa karamel, sirop karamel, susu, kopi dan es disajikan dengan whipped cream diatasnya bisa dinikmati dalam Caramel Frappucino Blended Coffe.

Untuk para pencinta kopi dingin, Iced Caramel Macchiato, Iced Caffe Mocha, Iced Caffe Latte, dan Iced Vannilla Latte bisa menjadi pilihan minuman di kafe ini. Sedangkan untuk penggemar sajian kopi panas, Starbucks mempunyai Espresso yang merupakan kopi murni racikan Starbucks disajikan dengan karamel, Caffe Latte cara penyajian klasik tradisional yang merupakan campuran susu dan espresso dengan busa sebagai toping dan bisa dipadukan dengan sirop favorit seperti vanilla, dan karamel.

Brand kopi terkenal lain yang juga memiliki popularitas internasional cukup banyak. Ada Coffe Bean & Tea Leaf yang berasal dari Amerka Serikat. Ada Boncafe yang didirikan sejak 1962 dan bermarkas di Singapura. Boncafe memproduksi bubuk kopi Arabica alami dari Amerka Tengah, Selatan, dan Afrika. Malaysia juga memiliki banyak konsumen kopi.

Pada akhir 1990-an, White Coffee populer di daerah Ipoh, salah satu kota di Malaysia. Produk unggulan yang kini juga populer di Malaysia, Singapura, dan Indonesia itu diproduksi oleh Chek Hup Pty Ltd, sebuah perusahaan makanan yang sudah beroperasi selama 49 tahun. White Coffe merupakan perpaduan bubuk kopi Arabika, non diary creamer, dan gula tebu premium. Lembut , berkrim dan kaya aroma.

Ada beberapa kafe kopi yang asli Indonesia. Artinya, produk utama kopinya asli Indonesia. Salah satunya adalah TATOR, mengandalkan kopi Arabika asal Tanah Toraja, Sulawesi Selatan. Kafe ini juga menyediakan Kopi Luwak di dalam menunya. Ada juga Bakoel Koffie yang berdiri sejak jaman Belanda. Kopi tubruknya pantas untuk direkomendasikan, dan makin lengkap jika di sajikan dengan singkong atau  pisang goreng yang terdapat di dalam menunya.

Bagi para pecinta kopi Indonesia, pasti mengenal Kafe Excelso. Kafe ini termasuk kafe kopi lokal yang memiliki citra yang bagus. Excelso berdiri pada tahun 1991. Excelso merupakan bagian dari Grup Kapal Api yang merupakan produsen kopi terbesar di Indonesia. Di dalam menu kopinya, Excelso mempunyai kopi khas indonesia seperti Kopi Luwak, Kopi Lanang Toraja, dan Kalosi Toraja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline