Lihat ke Halaman Asli

Ivanda MF

Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya

Menggali Potensi Wisata Tersembunyi: Mahasiswa Magang Sastra Indonesia Universitas Jember Rancang Konsep Wisata Pantai Roro Ayu

Diperbarui: 24 November 2023   19:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Foto Pribadi

Setelah 40 hari diterjunkan di Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu, mahasiswa magang  Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember, telah menyelesaikan penelitian yang ditugaskan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan jember. Mahasiswa magang mulai menyusun laporan serta mengolah beberapa data yang telah diperoleh selama penelitian. Selama berada di Desa Sumberejo, mahasiswa magang mendapatkan banyak bimbingan dalam pencarian data yang dibutuhkan dengan bantuan pihak desa, kepala dusun serta beberapa pihak warga. Selain itu, kepala dusun juga mengajak mahasiswa magang berkeliling desa untuk mengenalkan potensi wisata yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas dan menggali sejarah beberapa objek yang ada di desa tersebut.

Berdasarkan beberapa potensi wisata yang belum terekpos, ada salah satu potensi yang belum dikelola oleh pihak mana pun, yaitu Pantai Roro Ayu yang terletak di sebrang Pantai Payangan. Sehingga mahasiswa magang berinisiatif untuk mengonsep bakal wisata Pantai Roro Ayu sebagai bentuk rasa terima kasih karena telah dibantu selama melakukan penelitian di Desa Sumberejo.

Konsep bakal wisata Pantai Roro Ayu kemudian dipresentasikan dan diberikan kepada pihak Desa pada tanggal 5 Oktober 2023. Setelah kegiatan tersebut, pada tanggal 11 Oktober 2023, mahasiswa magang Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember, ditarik tugas dari Desa Sumberejo oleh pihak instansi. Adapun selama 40 hari di Desa tersebut, mahasiswa magang telah mengunjungi berbagai tempat seperti, Pantai Watu Ulo, Pantai Payangan, Pantai Roro Ayu, Teluk Love, Gunung Bacok, Makam Mbah Bacok, Makam Mbah Sabar, Sumur Gemuling, KUB Lumba-lumba, dan Lokasi Mindang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline