Lihat ke Halaman Asli

PMM UMM 09 95

Universitas Muhammadiyah Malang

Meningkatkan Pengetahuan Pentingnya Menjaga Kesehatan Tangan dan Gigi oleh Mahasiswa PMM UMM di MI Mafatihul Huda

Diperbarui: 11 Maret 2024   09:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pri

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang melaksanakan program Pengabdian pada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) untuk mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan tangan dan gigi di MI Mafatihul Huda, Desa Madiredo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur.  Kegiatan pembelajaran ini bertujuan untuk mengajarkan kepada siswa-siswi MI Mafatihul Huda tentang cara mencuci tangan yang benar menurut WHO. Selain itu, kami juga mengajarkan "Nyanyian Cuci Tangan dan juga memberikan poster cuci tangan" agar siswa-siswi dapat dengan mudah mengingat dan mempraktikkan nya. Kegiatan ini dengan mahasiswa menjelaskan materi tentang cuci tangan yang baik dan benar.

dok. pri

Hal ini dilakukan setelah melakukan pengamatan bahwa masih banyak siswa MI Mafatihul Huda yang belum mengetahui cara mencuci tangan yang benar. 

dok. pri

Program PMM ini mengajarkan kepada siswa-siswi untuk selalu menjaga kebersihan tangan karena sebagian besar kuman penyakit berpindah dan ditularkan melalui tangan. Meskipun secara kasat mata tampak bersih, namun kuman bisa menempel di tangan kita tanpa kita sadari oleh sebab itu penularan penyakit dapat dicegah dengan mencuci tangan yang benar.

Selain menjaga kebersihan tangan, kebersihan gigi juga perlu diperhatikan mengingat usia anak-anak sering makan makanan yang manis. Program ini bertujuan untuk mengajarkan kepada siswa-siswi MI Mafatihul huda tentang cara menggosok gigi yang benar menurut WHO. Hal ini dilakukan setelah melakukan pengamatan bahwa masih banyak siswa MI Mafatihul Huda yang belum mengetahui cara menggosok gigi yang benar.

dok. pri

Dengan diberikannya kesempatan oleh kepala sekolah dan guru, kita maksimalkan kegiatan ini untuk mengajarkan cara menjaga kesehatan tangan dan gigi kepada siswa siswi MI Mafatihul Huda khususnya kelas 1 yang sangat berantusias. Dengan dilakukannya kegiatan ini kami berharap siswa siswi MI Mafatihul Huda dapat menerapkan praktek cuci tangan dan gosok gigi yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline