Lihat ke Halaman Asli

Iva AuliaFajrin

Mahasiswa dan Pekerja

Kegiatan Magang Prodi Akuntansi (MBKM) Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Diperbarui: 16 Juni 2023   10:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Surabaya- (16/6) Program Merdeka Belajar -- Kampus Merdeka (Mbkm) Merupakan Salah Satu Program Kebijakan Pemerintah Yang Bertujuan Untuk Memberikan Kesempatan Kepada Mahasiswa Untuk Belajar Dan Mengembangkan Diri Melalui Aktivitas Di Luar Kelas Perkuliahan Selama 1 Sampai 2 Semester. Dalam Program Mbkm Ini, Salah Satunya Terdapat Program Mbkm Mandiri Yang Merupakan Sebuah Bentuk Dorongan Kebijakan Kampus Merdeka Yang Mendorong Perguruan Tinggi Untuk Menjalankan Program Mbkm Secara Mandiri.

Program Praktik Kerja Lapangan atau dapat disebut dengan magang merupakan salah satu bentuk perkuliahan melalui kegiatan bekerja secara langsung didunia kerja. Dalam dunia pekerjaan saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat dan memiliki daya saing tinggi dalam hal pekerjaan. seiring dengan kebutuhan akan tenaga kerja yang siap dengan bekal dan pengalaman serta keterampilan dan skill di dalam menghadapi permasalahan yang ada di dalam dunia kerja.

Praktek Kerja Lapangan merupakan suatu bentuk kegiatan untuk mahasiswa yang akan diperkenalkan langsung dengan dunia kerja dan tentunya sesuai dengan bidang yang ditekuni sehingga memiliki tujuan untuk mendapatkan pengalaman dari kegiatan tersebut yang nantinya bisa digunakan untuk pengembangan keahlian maupun soft skill. Hal ini tentunya juga dapat dicapai dengan dikenalkannya segala bentuk kegiatan pada dunia kerja disertai dengan permasalahan-permasalahan yang muncul pada Instansi tempat kita melaksanakan program magang.

Dalam Bentuk Implementasi Mbkm Mandiri, Perguruan Tinggi Menyelenggarakan, Mendanai, Dan Mengeksekusi Program Mbkm-Nya Tanpa Intervensi Dari Kemendikbudristek. Tujuan Mkbm Mandiri Adalah Untuk Membantu Sebanyak-Banyaknya Mahasiswa Mendapatkan Pengalaman Di Luar Kampus Demi Persiapan Karir Di Masa Depan. Salah Satu Perguruan Tinggi Yang Sedang Menjalankan Program Mbkm Mandiri Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Jawa Timur.

Iva Aulia Fajrin adalah mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan Strata-1 (S1) program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Saya mendapatkan tempat magang yang sangat menerima saya sebagai mahasiswa dan penuh dengan kegiatan serta pembimbingan yang sangat baik dan terarah yaitu di Victory 2 Singa. Victory 2 Singa merupakan perusahaan yang bergerak dibidang distributor dan produksi terbesar peralatan rumah tangga yang berdiri sejak tahun 2005 dan telah memenuhi kebutuhan customer dalam berbagai hal kebutuhan alat rumah tangga. Perusahaan Victory 2 Singa bermula dari tahun 1998 yang awalnya berasal dari home industri yang kini besar. 

Dalam kegiatan magang mandiri prodi Iva diberikan tugas yang cukup berkesan dan memberikan pengetahuan baru yang luas. Tugas admin yang diberikan kepada Iva meliputi pengecekan dan penginputan melalui sistem akuntansi yang telah tersedia pada Victory 2 Singa dengan penggunaan yang cukup mudah dan penggajian seluruh karyawan disana. Selain tugas sebagai admin Iva juga diberi tugas sebagai leader untuk sebuah goal pekerjaan lainnya sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Iva sangat berterima kasih kepada pembimbing magang dan seluruh staff karena telah berkenan meluangkan waktunya untuk berbagi banyak ilmu, mengajari dan menjawab pertanyaan saya di sela-sela waktu kesibukannya. Setelah pelaksanaan magang di Victory 2 Singa, dari sini saya semakin termotivasi untuk menjadi seorang Admin yang memiliki skill hebat atau yang berpotensi dan berwawasan luas. Tidak hanya itu saya harap dan saya termotivasi untuk bisa melakukan hal- hal yang lebih dari apa yang saya dapatkan sehingga saya dapat memunculkan ide-ide yang out of the box. Dan saya harap supaya ilmu yang saya dapat dari perkuliahan dan praktek kerja lapangan bisa bermanfaat bagi kehidupan saya dan orang-orang sekitar kedepannya nanti. Iva juga mengucapkan terimakasih kepada pihak kampus atau perguruan tinggi yang telah memberikan fasilitasnya dan kesempatan ini untuk diikuti oleh mahasiswanya dan tentunya dukungan dari kepala prodi yang membantu dalam berjalannya program ini. 

Harapan Iva untuk Victory 2 Singa semoga semakin berjaya, Berkah dan selalu sukses kedepannya dengan omset yang melebihi target sehingga program sosial owner dan staff terus bertambah . Untuk semua staff semoga selalu diberikan kesehatan, keselamatan, dan Semangat bekerja yang tinggi sehingga dapat menyokong kesuksesan Victory 2 Singa. Dan semakin banyak anak magang dari perguruan tinggi lainnya  yang ingin melakukan kegiatan magang di Victory 2 Singa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline