Lihat ke Halaman Asli

Iva Indriyani

Indriyani

Kompetensi Pembelajaran Kurikulum PAI untuk Peserta Didik

Diperbarui: 8 Desember 2021   06:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kompetensi Pembelajaran Kurikulum PAI Untuk Peserta Didik

Pendidikan merupakan sebuah keharusan yang wajib ada dalam kehidupan manusia. Hal ini bisa diartikan bahwa pendidikan adalah sebuah kebutuhan mendasar/ hakiki bagi manusia, karena pada dasarnya memang manusia tidak bisa dipisahkan atau bahkan tidak bisa hidup dengan wajar tanpa dengan dasarnya sebuah pendidikan. Peran pendidikan disini memang sangatlah penting untuk bisa meningkatkan Sumber Daya Manusia. Pendidikan merupakan sebuah rangkaian usaha untuk membimbing, serta mengarahkan potensi hidup dalam diri manusia yang berupa kemampuan dasar.

Hal ini dapat ditegaskan bahwa pendidikan berfungsi untuk membina kepribadian, mengembangkan kemampuan, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang ditujukan kepada peserta didik untuk diaplikasikan dalam kehidupan. Yang dari uraian fungsi tersebut dapat terangkum dalam satu karaktersitik yang selalu ada dalam pendidikan yakni yang disebut "Kompetensi". Kompetensi disini menyangkut pemahaman yang lebih luas, terlebih untuk pendidikan, adapun dalam tulisan ini ingin menguraikan penjelasan mengenai Kompetensi dalam Pendidikan Agama Islam yang baik untuk peserta didik, yang sesuai dengan tahapan pembelajaran para peserta didik.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai apa yang ingin dibahas sesuai dengan judul, maka kita perlu memahami terlebih dahulu apa itu Kompetensi, macam-macam kompetensi pada ranah pendidikan, serta jenis kompetensi yang baik untuk diaplikasikan pada Pendidikan Agama Islam.
Kompetensi

(1.) Pengertian Kompetensi

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kompetensi diartikan sebagai kecakapan, mengetahui, berwenang dan berkuasa memutuskan atau menentukan atas sesuatu. Dan dalam bahasa inggris kompetensi berasal dari kata Competence yang berarti kecakapan, kemampuan atau wewenang. Dari pengertian tersebut dapat dipahami bahwa kompetensi merupakan sebuah  pengetahuan ,keterampilan atau kemampuan yang dapat dicapai seseorang dari hasil pengetahuan yang ia pahami sebelumnya. Ada banyak pemaparan mengenai definisi kompetensi. Kompetensi juga bisa dikatakan sebagai suatu tujuan dari adanya proses pembelajaran yang bisa diseimbangkan dengan kebutuhan para siswa, sehingga merekapun dapat mampu mengetahui segala hal yang mereka peroleh dan dapat meng-implementasikannya dalam kehidupannya sehari-hari.

Sementara  pengertian lain dari kompetensi dalam ranah Pendidikan Agama Islam adalah pengetahuan (suatu hasil dalam mengetahui sesuatu),memahami, serta memiliki keterampilan dalam pengetahuan dasar-dasar nilai pada ajaran Islam serta dapat diterapkan dalam kebiasaan berfikirnya dan juga bertindak sesuai dengan ajaran Agama Islam yang telah ditentukan. Kompetensi yang berlandaskan pada ajaran Islam sendiri berpacu pada Sumber Hukum Islam yakni Al Qur'an dan As Sunnah. Sehingga dengan ini, peserta didik dapat menerapkannya pada kehidupan nyata dengan wujud menjalankan Perintah Allah, menjauhi laranganNya dan dapat mencontoh tauladan dari Baginda Nabi Muhammad SAW.
(2.) Macam-macam Kompetensi

Ada banyak pemaparan dari penjelasan mengenai macam-macam dari kompetensi dalam ranah pendidikan, beberapa diantaranya

1. Kompetensi Lintas - Kurikulum, yang merupakan hasil dari adanya pengetahuan (Knowledge), keterampilan (skill) , sikap (attitude), dan nilai (value) yang diaplikasikan dalam kebiasaan berfikir dan tindakannya yang terlihat dalam kemampuan belajar dan skill yang dia miliki. Dari kompetensi ini, hasil belajar bisa dicapai melalui pembelajaran dari semua rumpun pelajaran.

2. Kompetensi tamatan, sama halnya seperti penjelasan pada pengertian kompetensi diatas, bahwa kompetensi ini meliputi pengetahuan, skill, sikap dan nilai-nilai yang dilakukannya melalui kebiasaan berfikir dan juga bertindak setelah peserta didik berhasil melakukan pembelajaran pada suatu jenjang tertentu

3. Kompetensi rumpun pelajaran, yang merupakan segala aspek kemampuan terlihat setelah peserta didik berhasil melakukan pembelajaran pada rumpun pelajaran tertentu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline