Pelaksanaan praktek kerja (magang) merupakan syarat kelulusan bagi mahasiswa prodi ekonomi Universitas Amikom Yogyakarta. Suatu kegiatan praktek kerja yang diadakan oleh Program Studi Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas Amikom Yogyakarta ini diharapkan dapat dijadikan media pembelajaran atas ilmu-ilmu yang telah diperoleh di perkuliahan, serta menambah wawasan dan pengetahuan terkait gambaran dunia kerja.
Untuk tempat magang, mahasiswa diberi kebebasan memilih sendiri. Penulis memilih PT Taspen (Persero) Kantor cabang Yogyakarta sebagai tempat magang. PT Taspen (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang jasa asuransi, tabungan dan dana pensiun dalam menjalankan kegiatan usahanya PT Taspen Yogyakarta mengelola produk asuransi yang berupa program tabungan hari tua (THT), Program Pensiun dan Program Jaminan Kematian.
Tempat dan Waktu Pelaksanaan Kegiatan Magang Mahasiswa selama 1 bulan (20 hari kerja), yaitu dimulai dari tanggl 10 febuari 2020 hingga 6 Maret 2020 di PT Taspen (Persero) Cabang Yogyakarta yang beralamatkan Jalan Ipda Tut Harsono No.55, Timoho, Kelurahan, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.
Kegiatan Magang ini berlangsung selama 8 jam per hari dengan waktu istirahat 1 jam, dimulai pukul 07.45-16.30 WIB. Pakaian kerja magang menggunakan pakaian bebas rapi bersepatu serta wajib menggunakan jas almamater universitas sebagai tanda identitas peserta magang. Khusus pada hari jumat peserta magang dan pegawai taspen menggunakan pakaian olahraga untuk melakukan agenda rutinnya yakni jumat sehat.
Dalam pelaksanaan magangnya, penulis ditempatkan pada divisi layanan dan manfaat, merupakan divisi yang bertanggung jawab atas perencanaan dan koordinasi pelaksanaan kegiatan pelayanan dan pemasaran mengelola kegiatan pengumpulan, pengolahan serta penyajian data peserta program pensiun PT Taspen.
Penulis persisnya dibagian pelayanan enrolment dan otentikasi peserta pensiun. Enrollment adalah sistem informasi biometric sebagai upaya PT Taspen (Persero) mendigitalisasi pelayanan terhadap peserta pensiun dengan cara mengambil data biometrik (foto wajah, sidik jari, sampai suara) pada kantor Taspen dan mitra bayar Taspen.
Sedangkan otentikasi merupakan aplikasi smartphone yang merupakan terobosan baru dari PT Taspen untuk kemudahan para penerima pensiun agar tidak perlu mendatangi Taspen atau kantor bayar untuk verifikasi memastikan dana pensiun telah diterima oleh yang berhak. Dengan adanya otentikasi melalui smartphone, penerima pensiun dapat mengambil uang pensiun dimana saja dan kapan saja setelah jatuh tempo. Otentikasi dapat dilakukan setelah penerima pensiun melakukan enrolment.
Enrolment dan otentikasi ini merupakan prasyarat bagi peserta pensiun untuk memperoleh hak pensiunnya. Jadi setiap calon atau peserta pensiun wajib melakukan kedua kegiatan tersebut, kecuali bagi peserta yang sudah tidak bisa beraktivitas karena faktor usia akan diberikan kebijakan tersendiri oleh PT Taspen yakni dengan didatangi pihak taspen langsung ke tempat tinggalnya untuk melakukan pendataan.
Dalam pelayanan enrolment tidak hanya melayani para peserta pensiun yang datang langsung ke taspen, tetapi juga melakukan kegiatan mingguan rutin taspen yakni layanan mobile taspen.
Mobile taspen merupakan layanan trasnsportasi taspen yang dapat mengakses beberapa daerah kabupaten di wilayah Provinsi Yogyakarta kecuali kota Yogyakarta sendiri bisa ke kantor Taspen langsung. Pelayanannya berupa Pengajuan Surat Permohonan Pembayaran (SPP) Klaim, Pengajuan non-SPP klaim, dan Penerimaan Surat PengesahanTanda Bukti Diri (SPTB), ataupun melakukan enrolment bagi calon pensiun yang terkendala akses ke kantor cabang taspen.