Lihat ke Halaman Asli

Zida Amaliya Suseno

mahasiswa/ UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Memahami Esensi Moderasi Beragama: Tadarus Qur'an, Kitab Kuning dan Berbagi Takjil

Diperbarui: 17 Mei 2024   10:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok pribadi 

Selama tiga minggu terakhir, Abinaya Bhaswara, yang merupakan bagian dari kelompok mahasiswa asistensi megajr di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, yang mana ditugaskan Asistensi Mengajar di Man 3 Kediri. ketika pada saat sudah memasuki di minggu keempat, para mahasiswa sudah dipercaya oleh masyarakat Man 3 Kediri terutama oleh para guru dan memberikan tugas seperti ikut berkontribusi didalam kegiatan pondok Ramadhan yang berlangsung selama tiga minggu.

Di minggu pertama, kegiatan dimulai dengan shalat duha berjamaah dan dianjutkan dengan tadarus yang ditarget 30 juz dalam sehari.  Di minggu pertama di dalam kegiatan tadarus ini diikuti oleh beberapa sisw yang berasal dari siswa kelas 10, dimana setiap kelas mengirimkan delegasi untuk mengikuti tadarus sesuai dengan jadwl yang telah menyelesaikan bacaanya dipersilahkan utuk kembali lagi ke kelas dan mengikuti pembelajaran. 

dan pada minggu kedua, di kegiatan tadarus ini dilanjutkan oleh kelas 11 dengan kegiatan yng sama. Masing masing kelas mengirimkan perwakilan anak untuk mengikuti kegiatan tadarus tersebut yang dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, dan siswa yang telah menyelessaikan bacaanya diperbolehkan untuk kembali ke kelas masing-masing untuk mengikuti kegiatan pemelajaran kembali. 

dok pribadi 

Tujuan diadakannya kegiatan tadarus di bulan ramadhan adalah selain mendapatkan pahala karena membaca al-qur'an selama bulan raadhan tetapi juga dapat membuat peserta didik lebih cinta ke al-qur'an dan dapat membuat peserta didik untuk lebih rajin mengaji. 

di minggu ketiga pelaksanaan pondok ramadhan, kegiatan diulai dengan sholat duha, setelah sholat duha para peserta didik bersiap untuk mengikuti pelaksanaan ngaji kitab kuning yang dilksanakan di masjid juga. yang mana pelaksanan ngaji kitab kuning ini dilaksanakan selama tiga hari dan dihari keberikutnya adalah membagikan zakat.

dok pribadi 

tujuan diadakannya ngaji kitab kuning adalah selin untuk memperdlam agama tetapi juga dapat meningkatkan keterampilan bahasa arab dan bahasa jawa mereka. selain itu, kegiatan ini juga bisa membntu dalam melatih fokus dan konsentrasi sisw, yang merupakan keterampilan penting dalam proses pembelajaran. 

dan juga tujuan dari diadaknnya zakat adalah dapat membangun kesadaran sosial dari sini para siswa juga diajarkan pentingnya berbagi dan peduli terhadap sesama.

Selain kegiatan ngaji kitab kuning dan tadarus qur'an,kami dari kelompok abinaya juga mengadakan berbagi takjil yang berlokasikan di kecamatan Bringin kabupaten kediri. Dengan menyiapkan 50 bungkus takjil dan membagikannya di pinggir jalan. Selain atusias dari kelompok tetapi juga para warga sekitar juga memiliki antusias tinggi pula, pada saat pembagian takjil mereka dengan tertibnya menepikan dan antri berjejer dengan rapi di pinggir jalan tersebut. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline