Lihat ke Halaman Asli

Marsa mufasirina

mahasiswa manegement pendidikan islam IAIN JEMBER

Pendekatan Studi Islam

Diperbarui: 15 Desember 2019   11:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pengertian Pendekatan Studi Islam

 Kata "pendekatan", termasuk dalam konteks studi Islam, pada umumnya secara bahasa dinamakan dengan madkhal dalam istilah Arab dan approach dalam bahasa Inggris.

Tegasnya, semua istilah itu dapat diartikan sebagai "cara memandang dan cara menjelaskan suatu gejala atau peristiwa" Menyangkut keragaman pendekatan yang dipergunakan dalam studi Islam atau Islamic Studies (kajian keislaman), Qadri A. Azizi telah mekakukan kategorisasi atas empat macam pendekatan.

Pertama, studi Islam dengan menggunakan pendekatan ilmu-ilmu yang masuk ke dalam kelompok ilmu humaniora (humanities), seperti filsafat, filologi, ilmu bahasa dan sejarah.

Kedua, studi Islam dengan menggunakan dalam disiplin teologi, studi bibel dan sejarah gereja. Ketiga, studi Islam dengan menggunakan pendekatan ilmu-ilmu sosial, seperti sosiologi, antropologi, ilmu politik dan psikologi. Dan keempat, studi Islam dengan menggunakan pendekatan yang dilakukan dalam departemen-departemen, pusat-pusat, atau hanya committee, untuk area studies atau yang lebih dikenal dengan studi kawasan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline