Lihat ke Halaman Asli

Marsa mufasirina

mahasiswa manegement pendidikan islam IAIN JEMBER

Metodeologi Studi Islam

Diperbarui: 11 Desember 2019   21:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Menurut etimologi metode berasal dari bahasa yunani yaitu meta (sepanjang ), hodos(jalan). Jadi,metode adalah suatu ilmu tentang tentang cara atau langkah-langkah yang di tempuh dalam suatu disiplin tertentu unntuk mencapai  suatu tujuan, metode berati ilmu cara menyampaikan suatu kepada orang lain, metode juga disebut pengajaran atau pelatihan.

 Agama sebagai obyek studi minimal dapat dilihat dari segi sisi:

a.       Sebagai doktrin dari Tuhan yang sebenarnya bagi para pemeluknya sudah akhir dari dalam arti absolute, dan diterima apa adanya.

b.      Sebagai gejala budaya, yang berarti seluruh yang menjadi kreasi manusia dalam kaitannya dengan agama, termasuk pemahaman orang terhadap doktrin agamanya.

c.       Sebagai interaksi sosial, yaitu realitas umat Islam.

Bila islam dilihat dari tiga sisi, maka ruang lingkup studi islam dapat dibatasi pada tiga sisi tersebut. Oleh karena sisi doktrin merupakan suatu keyakinan atas kebenaran teks wahyu, maka hal ini tidak memerlukan penelitian didalamnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline