Lihat ke Halaman Asli

MUHAMMAD ITMAMMUDIN

Mahasiswa STEI SEBI

Kemuliaan 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan

Diperbarui: 18 April 2023   11:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Bismillahirrahmanirrahim...

Tidak terasa kita sebentar lagi akan meninggalkan bulan suci Ramadhan, sebulan penuh kita berpuasa menahan lapar dan dahaga untuk memperoleh ridho nya Allah SWT. Mudah-mudahan di tahun depan nanti umur kita di sampaikan lagi ke bulan suci Ramadhan.

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan mulia, bulan yang penuh berkah dan bulan penuh ampunan dimana Allah memberikan ampunan kepada siapa saja yang meminta ampunan kepadanya.

Dalam bulan suci Ramadhan terdapat banyak peristiwa penting, salah satunya yaitu peristiwa diturunkannya Al-Qur'an yang biasa disebut Nuzulul Qur'an. Tepatnya pada tanggal 17 Ramadhan 13 tahun sebelum Hijriah.

Peristiwa perang badar yang bertepatan pada 17 Ramadhan tahun ke 2 Hijriah. Peristiwa perang badar ini merupakan puncak pertikaian antara kaum muslimin Madinah dan kaum musyrikin Quraisy Mekah.

Bertepatan pada 20 Ramadhan tahun ke 8 Hijriah terdapat peristiwa penaklukan Fathu Makkah, peristiwa Fathu Makkah ini merupakan penaklukan kota Mekah yang dilakukan Rasulullah Saw dan kaum muslimin.

Dalam sejarah Islam Peristiwa Fathu Makkah ini merupakan momen penting dimana Rasulullah Saw berjuang bersama para sahabat untuk menaklukkan kota Mekah dan menghancurkan berhala-berhala yang ada di sekitar Ka'bah.

Dan ada banyak lagi peristiwa Kisah lainnnya yang bertepatan pada bulan suci ini. 

Pada malam 10 hari terakhir bulan Ramadhan terdapat malam Lailatul Qadar malam yang lebih baik dari seribu bulan. yang mana 10 malam terakhir ini yang ditunggu umat muslim.

Pada malam 10 hari terakhir kita di dianjurkan memperbanyak amal ibadah kita, berikut beberapa amalan yang dapat kita lakukan di malam 10 hari terakhir.

1. Memperbanyak Membaca Al-Qur'an

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline