Lihat ke Halaman Asli

Ring of Fire itu Bernama Indonesia

Diperbarui: 22 November 2016   11:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Hari ini, 22 November 2016 pukul 06.00 WIB, Jepang yang selama ini dikenal sebagai kawasan rawan gempa ternyata benar adanya. Gempa bumi berkekuatan 7,4 skala Richter melanda pantai Timur Laut Jepang yang tak jauh dari Perfektur Fukushima. Tahun 2011, gempa juga melanda wilayah ini tepatnya di area PLTN Fukushima Dai-Ichi yang juga menimbulkan ancaman berikutnya yakni Tsunami.

Namun, sesungguhnya bencana gempa seperti halnya bencana gunung meletus sudah sangat lekat dengan bangsa ini. Sudah puluhan bahkan ratusan gempa apalagi letusan gunung berapi terjadi di Indonesia. Ratusan gunung berapi yang berderet dari ujung Sumatera di Barat Indonesia hingga Timur Indonesia menandakan bahwa Indonesia berada di daerah cincin api atau ring of fire. Sebagai bangsa yang rawan bencana sudah selayaknya kewaspadaan dan kesiapan menjadi titik perhatian bersama antara Pemerintah dan Masyarakat. Pokoknya siap dan selalu berdoa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline