Lihat ke Halaman Asli

Noverita Hapsari

Fun and Fine

Mengamankan Ekspor Indonesia di Masa Kini

Diperbarui: 3 Oktober 2022   20:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.kompas.id/

Ketika sirine peringatan atas ketidakpastian melanda dunia, juga ancaman resesi dan inflasi, dan ancaman resiko geopolitik (geopolitical risk), berbunyi begitu nyaring, maka Pemerintah Indonesia sudah sewajibnya mempersiapkan diri dalam menghadapinya.

Salah satunya, Pemerintah harus konsisten memikirkan strategi agar ekspor dapat ditingkatkan, atau setidaknya dipertahankan.

Beberapa upaya mengenai hal tersebut, memang telah dilakukan oleh Pemerintah melalui berbagai BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Sedangkan untuk sektor industri, beberapa perusahaan swasta besar yang berskala global juga sudah menyiapkan jurus-jurus jitunya.

Beberapa di antaranya adalah:

1. melalui sektor andalan UMKM Halal Hub untuk menembus pasar internasional, terutama di negara-negara berpenduduk mayoritas muslim, misalnya ke negara Arab Saudi.

Komoditas ekspornya berupa ekspor pangan olahan yang halal, terutama diperuntukkan pasokan  konsumsi jemaah haji dan umroh.

2. membentuk perusahaan e-dagang Goorita

3. melalui pembukaan hipermarket di luar negeri

4. menugasi Pertamina untuk memperluas ekspansi komponen biodiesel (green diesel component/GDC), terutama kawasan Eropa yang memang sangat ketat menerapkan penggunaan energi terbarukan (non-fossil)

5. menginisiasi berbagai perundingan,  yang diarahkan pada perjanjian dagang bilateral

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline