Lihat ke Halaman Asli

Iskandar Zulkarnain

TERVERIFIKASI

Laki-laki, ayah seorang anak, S1 Tekhnik Sipil.

Onta Arab, Sebuah Antitesa

Diperbarui: 21 Januari 2016   16:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="ilstrasi Onta Arab (sumber gambar di sini)"][/caption]Ada yang khas dalam cara mengolok-olok mereka yang berpikiran “cenderung” pada Arab. Dengan menyebutkannya sebagai onta Arab.

Bahwa memang ada beberapa pelecehan, kalau memang bisa disebutkan demikian, juga merupakan sebuah fakta. Sebut saja misalnya, trompet tahun dari kertas sampul al-Qur’an, sandal yang bertuliskan ayat dari surat al-ikhlas, sajadah yang menggambarkan sesuatu yang berbau aurat terbuka, sajadah yang dipakai untuk alas menari. Yang paling mengenaskan, bahwa yang terakhir ini, dilakukan oleh Departemen yang mengatas-namakan agama.

Jika ada peristiwa makar, maka segera meluncur kesimpulan, adalah terror yang dilakukan oleh teroris. Teroris adalah identik dengan Islam. Ironisnya, hampir saja peristiwa Sudirman depan Sarinah tidak disebut terror, hanya karena pelakunya tidak memakai celana cingkrang dan berjenggot.

Seorang teman mengatakan, bahwa kecenderungan anti arab memang sedang mewabah, awalnya, bisa dengan anti Jilbab, anti jenggot, anti celana cingkrang, dan ujung-ujungnya, hasil yang akhir yang akan dituju, anti Islam.

Lalu apakah sebaiknya dilakukan oleh Umat Islam, dalam kondisi demikian?

Jika saja saya boleh mengutip perkataan Gus Dur, Gus Dur pernah mengatakan “Umat Islam sedang sedang mengalami Inferior Kompleks. Dengan rasa Inferiority yang dimilikinya, mereka suka sekali tersinggung, marah dan akhirnya melakukan tindakan yang kontra produktif”

Bahwa ketersinggungan, akibat orang lain melecehkan kita, adalah manusiawi. Tetapi, melakukan perilaku yang sama dengan yang mereka lakukan, adalah tindakan yang tidak bijak. Lalu, pertanyaannya, apa beda kita dengan mereka.

Bahwa setiap  penganut agama, meyakini bahwa agama mereka, adalah agama yang paling benar, adalah syah. Tetapi, bukan berarti, agama lain rusak, hancur dan tidak memiliki nilai-nilai agung. Bahwa kita puas dengan agama kita, bukan berarti menafikan bahwa agama orang lain tidak memuaskan penganutnya.

Ilustrasinya. Ketika anda puas dengan Mercy yang anda kendarai, adalah benar. Begitu pula sebaliknya, saya puas dengan Carry yang saya kendarai. Menjadi tidak benar, ketika anda mengolok-olok saya, bahwa carry yang saya kendarai sebagai mobil murahan, besi tua dan barang rongsokan. Nilainya, bukan dari apa yang keluar dari ucapan anda. Tetapi, dari balik yang anda ucapkan itu, terselip pesan. Bahwa anda tidak puas dengan Mercy yang anda miliki itu, hingga anda masih lirik kiri-kanan, lalu, memiliki waktu untuk menilai Carry yang saya kendarai.

Kembali pada ucapan Gus Dur, lalu bagaimana tindakan seorang yang bukan Inferority itu?

Saya hanya ingin menukilkan sebuah episode sejarah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline